Cara Merawat dan Membersihkan Noda Pada Perak Tanpa Menyikat

 Punya peralatan maupun perhiasan berbahan perak tentu harus dijaga kebersihan dan keawetannya, karena perak merupakan salah satu logam mulia yang tergolong mahal harganya. Warna perak berbentuk putih bening dan berkilau. Warna ini juga menjadi salah satu simbol warna yaitu warna perak. Perak tidak hanya dibuat untuk perhiasan saja namun juga menjadi benda benda hiasan atau lainnya seperti piala, koin, vas bunga, peralatan makan dan lain lain. Perak juga digunakan untuk berbagai aplikasi lainnya seperti untuk pabrikasi kristal panel surya, penyejuk udara, pemurnian air, kedokteran gigi, fotografi , elektronika dan banyak lagi manfaat lainnya. Logam dengan nama latin Argentum (Ag) ini sudah ada sejak zaman Romawi dan sampai dengan saat ini punya nilai tinggi terutama untuk koleksi .


Menjaga logam perak agar terhindar dari noda saat ini tidak perlu lagi dilakukan oleh profesional. Anda tidak lagi membutuhkan jasa pembersih perak dan bisa dilakukan sendiri dirumah dengan beberapa langkah sederhana berikut ini :


Untuk menjaga agar perak tidak mudah timbul bercak bercak caranya simpan kapur tulis di laci penyimpanan perhiasan perak atau dengan mendekatkan kapur tulis di sekitar bahan mengandung perak. Namun jika perak sudah terkena bercak hitam cara membersihkannya adalah dengan menggunakan baskom besar (bak cuci piring) lapisi bagian dasar bak dengan lembaran alumunium foil. Isi dengan air panas, taburkan soda kue. Setelah itu celupkan perhiasan atau benda mengandung perak kedalam air panas tersebut. Noda pada perak akan terlepas dan emnempel dengan sendirinya pada lembar alumunium foil. Jadi cara ini tidak perlu menyikat atau menggosok gosok sehingga bisa mengurangi kemurnian perak. Setelah bersih cukup dengan mengelapnya dengan kain lenbut dan menghisap air. 

Cara Merawat dan Membersihkan Noda Pada Perak Tanpa Menyikat


Selain menggunakan soda kue, membersihkan perak juga bisa menggunakan amoniak dan garam mandi. Garam mandi adalah bahan tambahan untuk mandi yang terdiri atas campuran garam NaCl (sebanyak 90-95 persen) dengan bahan anorganik lain yang mudah larut, kemudian diberi bahan pewangi (essential oil), pewarna, dan lain-lain. Caranya relatif sama namun jika diperlukan untuk menggosoknya cukup dengan menggunakan sikat yang lembut. Ambil beberapa amonia bubuk dan campurkan dengan air hangat. Kemudian, rendam perhiasan perak dalam larutan ini dan angkat dalam waktu kurang dari dua menit.  Amonia akan membantu membersihkan perhiasan perak dengan mudah, namun pastikan perhiasan tidak memiliki aksen mutiara atau segala jenis permata. Untuk menggunakan garam mandi caranya ambil air panas dan tambahkan garam ke dalamnya. Kemudian rendam semua perhiasan perak dalam larutan ini dan tunggu beberapa saat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url