Featured Post

Cara Belanja Di Shopee

.

Dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini tak perlu repot repot keluar rumah untuk berbelanja, cukup melalui gadget dan barang langsung diantar kurir sampai depan pintu rumah Anda. Mau coba ? berikut adalah tutorialnya terutama bagi shoper pemula Baca Selengkapnya
Cara Belanja Di Shopee (Tutorial Lengkap)

Cara Belanja Di Shopee (Tutorial Lengkap)

 Belanja online saat ini sudah menjadi tren bahkan sudah menjadi gaya hidup baru di era new normal di Indonesia. Tidak saja disebabkan oleh merebaknya pandemi Covid19, namun memang berbagai keuntungan dan kemudahan lainnya baik dari toko online tersebut sendiri maupun toko tempat dimana kita membeli barang barang kebutuhan pokok. Tuntutan mobilitas dan kesibukan manusia di jaman modern saat ini membuat semua tugas termasuk urusan belanja bisa dilakukan dimana saja bahkan sambil mengerjakan pekerjaan lain juga bisa dilakukan tanpa ada sekatan waktu maupun tempat.


Salah satu keuntungan belanja online paling utama adalah dari segi harganya yang kompetitif. Harga belanja di toko online  sebagian besar lebih murah jika dibandingkan dengan rata rata harga lokal jika dihitung secara keseluruhan baik melalui program promo, cashback, diskon atau ongkir gratisnya Pakain wanita contohnya, coba Anda sesekali menjelajahi e-commerce di Indonesia saat ini yang lagi menjamur. Pilihlah produk pakaian wanita dan bandingkan dengan harga yang ada ditoko pakaian atau mal mal setempat, maka harga jauh lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah dengan barang barang bermerk mahal. Kenapa hal ini bisa lebih murah ?, Toko online selain bebas biaya tempat sewa toko juga penjual terus berlomba untuk membuat dagangannya sedapat mungkin bisa laku dan bersaing dengan pasar online. Salah satu jalan selain dengan promosi adalah dengan menurunkan harga agar lebih kompetitif dan walaupun dengan resiko margin keuntungan yang minim. Hal ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan toko agar tetap ada pelanggan atau pembelinya





Diartikel kali ini saya akan berbagi tutorial belanja di salah satu toko online terkenal di Indonesia yaitu Shopee. Shopee adalah e-commerce terpopuler di indonesia diantara beberapa e-commerce lainnya. Perusahaan ini didirikan awalnya pada tahun 2009 oleh Forrest Li, dengan nama Garena dibawah kendali SEA Group yang berkantor di singapura..Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Mulai tahun 2019, Shopee juga mengembangkan sayapnya di negara Brasil, menjadikannya negara pertama di Amerika Selatan dan luar Asia yang dikunjungi Shopee. Shopee dipimpin oleh Chris Feng, mantan karyawan Rocket Internet yang pernah memimpin Zalora dan Lazada.


Dari promosinya yang besar besaran melalui televisi maupun media online dan media sosial, Logo yang kental dengan warna orange saat ini sudah melekat dihati masyarakat Indonesia. Setidaknya sudah tahu apa itu Shopee. Namun kenyataannya kebanyakan orang beranggapan kalau belanja online itu hanya untuk orang kaya saja. Anggapan itu tidak semuanya salah karena kebanyakan orang belum tahu seluk beluk bagaimana cara belanja di shopee. Apakah sama dengan belanja di toko biasa, bagai mana cara memilih barang, bagaimana cara membayarnya, apakah nanti saya tidak ditipu kalau saya sudah membayar dan lain lain. Nah, simaklah tutorial ini sampai akhir Agar Anda tahu sebenarnya belanja di Shope bukan untuk orang berduit saja.


Makin penasaran ? Cara belanja di Shopee kali ini bisa menjadi gambaran betapa mudahnya membeli barang di Shopee kita tidak perlu repot repot keluar rumah. Cukup menunggu 2 - 3 hari kita di telpon kurir barang sudah sampai dirumah. Untuk memulai belanja di Shopee berikut adalah tahapan tahapan selengkapnya :



1. Unduh Aplikasi


Download Aplikasi Shopee di Playstore dan Instal di Smartphone Anda. Besar Filenya 80 MB, cukup besar untuk ukuran smartphone dengan penyimpanan Internal 2 GB. Oleh karena itu jika Anda ingin lebih leluasa menambah aplikasi lainnya, pilihlah Smartphone dengan penyimpanan internal minimal 4 GB.


2. Pendaftaran


Untuk registrasi yang dibutuhkan adalah email dan nomor telfon / HP dan siapkan password akun. Bagi sobat yang sering mendaftarkan akun saya yakin tidak mengalami kesulitan sampai dengan tahapan ini. Sobat juga bisa mendaftar melalui laman shopee melalui desktop (shopee web) dengan klik register atau memalui akun google, apple maupun sosial media seperti facebook milik Anda. Jika mendaftar melalui nomor telpon akan diminta verifikasi nomor . Shopee akan mengirimkan kode ke nomor HP untuk dimasukkan di kolom verifikasi agar bisa berhasil menyelesaikan pendaftaran akun Shopee. Untuk membuat password akun usahakan serumit mungkin agar sulit untuk di retas oleh hacker caranya dengan menambah atau menyisipkan karakter lain selain huruf dan angka dengan jumlah karakter password  lebih banyak.


3. Isi alamat kita


Setelah selesai membuat akun, langkah berikutnya yang paling penting adalah menentukan alamat kita. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kemana barang belanja akan dikirimkan kurir. Membuat alamat harus jelas dan gamblang. Saran saya gunakan alamat atau tempat yang sudah terdeteksi Google Maps agar memudahkan kurir untuk mengirimnya Seperti nama jalan, perumahan dan jangan lupa tambahkan nama kelurahan/ Desa . Biasanya kurir minta share lokasi melalui Whatsapp untuk mengirim barang pesanan kita.  Cara membuatnya klik gerigi di sebelah kanan atas > Alamat saya dan isi alamat selengkapnya.




4. Menentukan Sistem / Metode Pembayaran.


Jika sobat ingin memesan barang tentu harus menentukan bagaimana cara membayarnya. Shopee menyediakan berbagai macam sistem pembayaran seperti melalui transfer bank, ShopeePay, Kartu Kredit, COD, Alfamart, Indomaret (i.Saku), Oneklik, Kredivo dan lain lain. Saran saya pilihlah metode pembayaran yang mudah dan menghasilkan banyak keuntungan nantinya yaitu dengan memanfaatkan dompet digital milik Shopee yaitu ShoopePay. Cara Top Up Shoope Pay dan keuntungannya menggunakan ShopeePay akan saya bagikan dalam tutorial terpisah. Sobat bisa mengisi ShopeePay melalui berbagai layanan dompet digital seperti OVO, DANA, transfer rekening, indomaret dan lain lain. Jika mengisi Saldo ShopeePay dari berbagai layanan uang digital tersebut Shopeepay di halaman utama >Isi saldo> Bank Transfer> Plih Bank yang akan sobat gunakan untuk mentransfer dana ke Shopeepay. Untuk mengisi shopeepay melalui aplikasi OVO, dana dan lainya juga melalui bank transfer namun menggunakan Virtual account Bank dari masing masing aplikasi dompet digital tersebut, biasanya setiap kali TopUp dikenakan biaya penanganan jika menggujnakan aplikasi ini.




5. Mulai Belanja


Nah, sekarang saatnya yang paling menyenangkan yaitu bebelanja memilih barang kebutuhan kita. Jangan karena melihat harganya yang murah Sobat kebablasan berbelanja ini itu. Tetap berpatokan bahwa belanja sesuai kebutuhan bukan kesenangan. Pilihlah toko utamakan yang star seller atau jumlah review positif yang baik dengan bintang minimal 4.5 tapi tetap prioritaskan toko yang reviewnya 4,7-4,8 atau bahkan 5.0. Setelah itu baru memilih filter harga. Kenapa harus memfilter kualitas toko dulu ? Tujuannya agar kita tidak kecewa barang maupun layanan penjualan di toko tersebut. Jika di komentar review, banyak yang testimoni positif berarti tokonya bagus, namun jika tidak berarti kualitas tokonya kurang. 


Selain itu agar kita memahami sistem belanja di toko tersebut alangkah baiknya membaca keseluruhan apa yang didiskripsikan oleh toko tersebut, seperti umpamanya tertulis memang barang bekas namun karena ketidaktahuan kita kita anggap barang yang dijual adalah barang baru. Membaca dengan teliti diskripsi, fitur barang dan lain lain sampai tuntas adalah wajib. Bahkan kita disediakan kolom chat dengan penjual untuk mengetahui lebih jauh tentang seluk beluk barang tersebut sebelum memesannya.


Cara berbelanja barang selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Pertama pilih barang yang akan Anda beli

2. Tekan Tombol keranjang dibawah

3. Tentukan jumlah barang yang akan dibeli

4. Jika barangnya punya cashback maupun gratis ongkir klik dan klaim

5. Pilih metode pembayaran

6. Pilih Kurir

7. Klik Buat Pesanan





6. Memilih Kurir


Shopee menyediakan beragam kurir pengiriman barang mulaidari JNE, JNT, Shopee Standar Express, Si Cepat, JNE Reguler, Ninja Express, Memilih kurir bisa dilakukan sekaligus disaat kita memesan barang. Kita harus menentukan kurir yang tepat sebelum klik tombol pesan. Jika sudah terklik kita tidak bisa mengganti kurir lagi. Tips dari saya untuk memilih jasa layaman antar barang yang tepat sesuaikan dengan jenis dan harga barangnya kareana berhubungan dengan biaya atau ongkirnya. Pertimbangan sederhana gunakan JNT atau yang bebas ongkir lainnya jika barangnya kecil dan ringan. Namun jika barangnya berat dan besar dan tidak gampang rusak / pecah pilihlan Shopee Standar Express atau JNE reguler yang melalui pengangkutan darat. 

7. Melacak Pengiriman barang


Poin berikutnya adalah apa yang harus kita lakukan setelah kita membeli barang. Tentu setelah kita menentukan salah satu kurir yang bekerjasama dengan toko, kita harus mengetahui sampai dimana barang yang kita pesan. Proses didalam sistem shopee semuanya bisa kita tracking dari akun Shopee  mulai dari kapan pengemasan, pengiriman ke kurir, dalam perjalanan ke kota tujuan, sampai barang dikirim ke alamat penerima. Caranya adalah sebagai berikut :




8. Memberitahukan  ke toko tempat kita belanja bahwa barang kita sudah sampai dan memberikan review/testimoni.


Jika barang sudah diterima ketangan kita, ada proses yang harus kita lakukan agar pembelian barang sudah dianggap tuntas dan selesai. Ada 2 hal penting untuk tahapan ini yaitu memberitahukan ke toko bahwa sudah sampai ke alamat penerima dan memberikan penilaian ke toko dengan menulis testimoni / komentar puas / tidak layanan toko tersebut dan dan memberikan review bintang yang disediakan sistem shoope mulai dari bintang 1 (jelek) sampai bintang 5 (paling bagus). Komenta r atau tesimoni Anda akan ditanggapi oleh toko untuk perbaikan atau bisa jadi karena kesalahan dari pembeli sendiri karena tidak membaca pesanan barang secara keseluruhan.


Kesimpulan :


Belanja adalah kebutuhan bukan mementingkan keinginan apalagi mengutamakan kesenangan. Memilih belanja di Shopee sekali lagi bukan untuk menunjukkan wah atau hebat, namun untuk menghemat pengeluaran kita. Memilih barang sesuai kebutuhan dan mencari harga termurah dengan kualitas terbaik merupakan cara yang tepat dimasa sekarang ini agar pengeluaran yang lebih besar dari belanja keluarga bisa diminimalisir. Demikian semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca juga:

Related Posts

Komentar