-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Manfaat Gula Kelapa

Manfaat Gula Kelapa

Gula kelapa sesuai namanya adalah gula yang diambil dari air sadapan nira kelapa. Gula kelapa identik dengan gula jawa dan sebagian orang menyebutnya dengan sebutan gula jawa. Pengolahannya sama dengan pengolahan gula merah pada umumnya disaring air nira kelapa, dididihkan sambil diaduk dan setelah matang di cetak.

Manfaat Gula Kelapa

Bedanya dengan gula aren, gula kelapa asli punya ciri ciri khusus yang berbeda dengan gula yang disadap dari nira aren. Gula kelapa tekstur butirannya lebih halus dibandingkan gula aren yang lebih kasar. Gula kelapa ada sensasi rasa gurih seperti santan. Walaupun tidak keras dan bisa dipotong, gula kelapa padat merata dan tidak berlubang lubang walaupun biasanya warna coklatnya tidak merata karena hasil pengolahan tradisional.

Kandungan gizi gula kelapa


Kandungan gizi gula kelapa per 100 gram bahan adalah sebagai berikut :

Zat GiziJumlah
Kalori386 kal
Karbohidrat76 g
Lemak10 gr
Kalsium76 mg
Fosfor37 mg
Protein3 gr
Air10 gr

Sumber : Santoso (1993)

Gula kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, potasium, magnesium, zat besi, dan tembaga,. Selain itu gula kelapa dianggap sebagai satu-satunya sumber tumbuhan alami Vitamin B12 atau Cobalamin yang diperlukan untuk memastikan fungsi dan kesehatan yang tepat jaringan saraf, fungsi otak, dan sel darah merah. Palmyra Palm Sugar mengandung 20 mcg Vitamin B12 per 100 gram. Sekitar 500 gram konsumsi gula Palmyra setiap bulan memenuhi kebutuhan B12 harian orang dewasa. Palmyra Palm Sugar sangat kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino esensial dan memiliki 24 nutrisi alami lainnya.

Tidak hanya kandungan vitamin saja ternyata didalam gula kelapa mengandung zat besi untuk menjaga stamina tetap fit. Mengkonsumsi Zat besi sering digunakan untuk memulihkan stamina yang hilang. Selain zat besi, gula kelapa juga mengandung zat besi yang sangat diperlukan tubuh, gula kelapa juga mengandung garam mineral . Ada juga kandungan asam folat didalam gula kelapa. Asam folat juga memiliki manfaat untuk menjaga tubuh dan stamina. 

Manfaat gula kelapa bagi kesehatan

Gula kelapa biasanya dijual dalam bentuk setengah elips yang dicetak menggunakan tempurung kelapa, ataupun berbentuk silindris yang dicetak menggunakan bambu  Secara kimiawi gula sama dengan karbohidrat, tetapi umumnya pengertian gula mengacu pada karbohidrat yang memiliki rasa manis, berukuran kecil dan dapat larut . Berikut adalah manfaat gula kelapa bagi kesehatan :

1. Obat penderita diabetes

Kadar kalori yang rendah gula kelapa sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes dalam jumlah sedang. Serat insulin dalam gula kelapa sangat bermanfaat untuk membantu memperlambat penyerapan glukosa.

2. Menurunkan Berat badan / diet gula


Kadar kalori yang rendah juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Gula kelapa mengandung fruktosa yang jauh lebih sedikit dari gula pasir putih, sehingga tubuh pun memprosesnya dengan cara yang berbeda. Fruktosa adalah varian gula yang mudah diubah menjadi lemak oleh tubuh.  Biasanya, fruktosa berubah menjadi trigliserida yang merupakan timbunan lemak. Jumlah fruktosa yang rendah berarti akan memakan waktu lebih lama untuk menjadi lemak yang menumpuk didalam tubuh.

3. Memelihara usus dan pencernaan

Gula kepala bisa melakukan proses detoksifikasi dalam sistem pencernaan. Dengan menambahkan gula kelapa ke teh, susu, jahe atau minuman dan makanan lain, ini bisa membantu kamu dapatkan sistem pencernaan yang lebih sehat. Kamu juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare, mual-mual dan mulas. Kandungan serat  dalam gula kelapa memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan bifidobacteria usus. Bifidobacteria ini telah dikenal untuk membantu memulihkan bakteri baik di usus dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Menjaga stamina tubuh dan mengobati anemia

Kandungan vitamin, zat besi dan asam folat sangat berguna untuk membuat tubuh tetap fit dan segar.
Untuk manfaat gula kelapa selanjutnya adalah mencegah anemia. Kandungan zat besi dan nutrisi yang lain pada gula kelapa sangat baik dalam memperbaiki sel darah merah dalam tubuh. Nutrisi ini juga baik dalam mencegah maupun mengatasi masalah anemia.

5. Obat sariawan


Sariawan bisa diobati dengan  makan gula kelapa bisa dengan dicampur atau langsung dikonsumsi ke mulut yang penting bersih.. Tidak hanya mengobati sariawan, gula kelapa juga cocok dalam mengurangi peradangan dan masalah kesehatan mulu dan gigi .

6. Obat batuk dan demam


Manfaat ke enam dari gula kelapa adalah menjadikannya sebagai obat batuk dan demam. Seduh gula kelapa dengan air panas dan tambahkan air lemon atau jahe kemudian minum selagi masih hangat. Minuman ini bisa meredakan batuk dan demam. Ini juga menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat gula kelapa untuk makanan

Selain menjadikan sebagai obat obatan, gula kelapa asli juga biasa digunakan sebagai tambahan pemanis alami untuk berbagai makanan dan minuman dan kuliner tradisional seperti dawet, es campur, bubur sumsum dan lain lain. Seduah teh, bandrek dan kopi juga biasa di tambah dengan gula merah agar mendapatkan cita rasa berbeda.

Selain sebagai penambah manis makanan, gula kelapa dan umumnya adalah gula merah bisa menjadi penyedap masakan dan bumbu dapur. Hampir semua masakan seperti gado gado, tauco, pecal, gulai, rendang, kari dan berbagai makanan lainnya. Wangi gurih gula kelapa akan meresap ke makanan sehingga tanpa menambahkan MSG, penyedap masakan gula kelapa juga sudah terasa lezat dan sehat.

Gula kelapa juga digunakan sebagai campuran jamu jamuan. seperti saat Anda minum jamu beras kencur, sakit pinggang, masuk angin. Rasa pahit dan getir pada jamu akan dinetralkan dengan rasa manis dengan menambahkan gula kelapa dan madu.

Dalam membuat kue kuean dan makanan ringan, gula kelapa juga bisa digunakan untuk menambah lezat dan menambah warna coklat pada kue seperti roti, kue cucur dan lain lain.

Harga gula kelapa

Harga gula kelapa ditingkat petani mengikuti hasil produksi dan permintaan, disaat kebutuhan banyak seperti saat menjelang puasa dan hari raya harga gula kelapa bisa melonjak tinggi namun dalam keadaan normal antara 15.000 - 25.000 tergantung wilayah.

Di situs online marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak harga bisa dijual lebih murah namun Anda harus pandai pandai mencari yang bebas ongkir. Carilah lokasi toko yang dekat dengan tempat Anda agar ongkir bisa diminimalisir.
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar