-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Apa Itu POC Dan Bagaimana Cara Menggunakannya ?

Apa Itu POC Dan Bagaimana Cara Menggunakannya ?

POC adalah singkatan dari Pupuk Organik Cair yaitu cairan alami yang dihasilkan dari proses fermentesi. Bahan bakunya bisa berasal dari sisa tanaman, kotoran hewan, manusia, air cucian beras dan berbagai bahan alami lainnya yang dibusukkan menggunakan bantuan mikroorganisme baik untuk mengurai bahan baku untuk menjadi unsur unsur yang sangat diperlukan tanaman. 

Sampai saat ini, kita selalu disarankan untuk menggunakan POC, dengan cara menyemprotkan nya pada daun, agar dapat dengan cepat terserap dan di proses oleh daun pada saat proses fotosintesis.


Sistem distribusi rantai makanan, di mulai dari Akar yg berfungsi sebagai pencari/menyerap nutrisi/hara tanah, yg di butuhkan untuk diproses daun (pada proses fotosintesis). Disisi lain, daun pada tanaman juga memiliki kemampuan untuk menangkap CO2 untuk membantu proses fotosintesis.

Pada tanaman yg memiliki bintil akar, seperti tanaman aneka Kacang, daun nya dapat menangkap unsur Nitrogen di udara dan melepaskan nya ke tanah melalui bintil akar nya, sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah di sekitar tempat tumbuh nya.


Kedua jenis yg bisa unsur di udara, yg bisa terserap oleh daun, wujud nya berupa gas, yg mempunyai Berat Jenis/BD lebih ringan dari udara, sehingga dapat melayang di udara...

Daun hanya bisa di masuki benda asing, dalam bentuk Gas, seperti CO2 dan Nitrogen karena Gas mempunyai BD sangat ringan sehingga mengambang/melayang di udara dan tidak jatuh ke tanah Bahkan pupuk cair yg sudah menggunakan proses pembuatan dengan Nano teknologi, juga tidak dapat di serap oleh daun, karena BD Nano partikel, masih jauh lebih berat dari Gas..

Jika ada pendapat bahwa penggunaan POC akan sangat efektip bila di semprotkan pada daun dan bisa masuk melaui lubang Stomata.. Sepertinya tidak mungkin, karena Stomata adalah lubang ekskresi, bukan lubang/saluran masuknya makanan, jadi sistem kerjanya berbeda...
Kalau kita ambil sample seperti sistem yg ada pada manusia, proses masuk nya makanan melalui mulut (alat yg sama pada tanaman adalah akar) dan sisa makanan di keluarkan lewat Anus.
Sementara untuk membantu kulit agar tetap lembab, tubuh manusia menggunakanpori pori pada kulit, untuk mengeluarkan keringat..

Klo POC katanya bisa di masukan melalui daun, karena daun adalah tempat tanaman memoroses makanan nya, yg di suply akar melalui jaringan kulit pohon.....
Apakah Cairan Infus yg biasa di gunakan menggantikan makanan padat pada manusia yg sedeang sakit, dapat di semprot kan ke Kulit perut, yg punya lubang pori pori.
Agar bisa langsung di proses oleh usus besar, tanpa melalui mulut atau urat nadi, yg bisa dipakai untuk memasukan cairan, seperti penyemprotan POC ke daun ?

Penggunaan POC yg lebih tepat, adalah menyemprotkan nya pada batang bagian bawah tanaman, sehingga cairan pupuk tersebut bisa dengan cepat jatuh di tanah, untuk dapat di serap oleh akar tanaman.

Ini merupakan cara yg efektif, untuk dapat membuat tanaman lebih cepat tumbuh dan berkembang nya
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar