-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat

10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat

Menikmati sajian kuliner tradisional dengan saus gula merah lezat yang kental terasa sangat menggiurkan. Saus gula merah beberapa orang juga menyebutnya dengan istilah sirop gula merah, namun ada yang menyebutnya beda karena sirop atau syrup gula merah bentuknya lebih encer. Gula merah yang hampir semua kuliner menggunkannya bisa dicampurkan dalam bentuk apa saja baik bongkahan maupun cairan kental. Rasa khas gula merah bisa menambah gurihnya kuliner baik berbentuk makanan maupun minuman. dari segi aroma juga tercium wangi gula merah yang khas sehingga menambah selera untuk menikmatinya.

Kue, minuman atau makanan tradisional berikut merupakan sekian banyak kuliner nusantara yang menggunakan saus gula merah yang di tambahkan diatasnya. berikut diantaranya :

1. Es Campur


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat

Es campur dengan es teler sebenarnya hampir sama namun es campur bisa berupa campuran buah buahan lain selain buah yang biasa digunakan di es teler seperti jagung muda.  Ada lagi yang membedakan adalah dalam es campur ditambahkan cendol, kolang kaling, roti dan lain lain. Beberapa daerah punya campuran yang berbeda beda tergantung selera. Santan dan es merupakan kombinasi paling lezat untuk campuran mendinginkan apalagi ditambah toping gula merah dan susu kental manis.


2. Es Teler


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat

Tau kan es teler ? ya es dengan campuran buah buahan seperti alpukat, kelapa muda, cincau dan buah nangka dicampur dengan susu kental manis, daun pandan dan saus atau sirup gula merah. Es teler sudah terkenal sejak dahulu terutama di daerah Sukoharjo Jawa Tengah. Cara membuatnya juga sangat mudah, bahan bahan juga gampang didapat di sekitar kita. Es Teler sangat nikmat dicampur dengan es serut maupun es batu.

3. Bubur Sumsum


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat

Bubur sumsum adalah kuliner berbahan tepung beras yang berbentuk putih kental. Sangat lezat dimakan dengan saus gula merah. Tidak tahu kenapa disebut dengan  bubur sumsum, mungkin teksturnya dan warnanya menyerupai sumsun yang ada didalam tulang. Dalam adat Melayu bubur sumsum biasa di makan setelah sebuah keluarga melaksanan pesta perkawinan tujuannya untuk mengembalikan tenaga supaya fit kembali setelah kecapekan melaksanakan pesta.

4. Putu Mayang


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat
Putu Mayang, kue tradisional khas melayu yang dibuat dari tepung kanji dan tepung beras yang dibentuk seperti mie kemudian di tambahkan santan. Kue putu mayang atau mayam juga ditemukan di India dan Singapura. Bentuknya biasa warna warni namun di Medan warnanya putih bersih seperti mi bihun dan ditaburi gula pasir dan parutan kelapa. Dalam penyajiannya wajib untuk di toping dengan gula merah cair atau sirup gula merah.

5. Pancake


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat
Pancake atau kue pan atau panekuk adalah kue berbentuk dadar. di Indonesia banyak sekali jenis kue yang berbentuk pancake seperti apam, kue lumpur, kue leker, martabak dan lain lain. Bahan utama membuat pancake adalah tepung terigu, telur, gula dan susu. Bahan bahannya dicampur air dan diadon sehingga mengental kemudian dimask dengan cara  didadar seperti membuat telur dadar. Ada juga yang dibuat di cetakan berbentuk bulat seperti martabak yang sebelumnya harus diolesi dengan minyak atau mentega terlebiuih dahulu.

6. Lupis dan Cenil


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat
Kuliner tradisional dengan saus gula merah berikutnya adalah Lupis dan cenil. Lupis dan cenil sebenarnya  jenis kuliner yang berbeda. Lupis punya bentuk yang berbeda beda di setiap daerah. Di Medan lupis terbuat dari beras ketan, sedangkan di pulau jawa lupis terbuat dari tepung terigu dengan didalamnya diisi nangka. Sedangkan cenil adalah terbuat dari tepung kanji atau aci yang ditambah dengan garam dan dimasak sampai mengental. Namun yang menyamakan diantara mereka adalah kesemuanya merupakan jajan pasar. sangat lezat jika diolesi saus gula merah dan taburan parutan kelapa untuk cenil dan lupis di Medan atau sumatera pada umumnya.

7. Dawet


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat
Minuman para raja ini adalah miniman favorit saya. cendol yang dibuat dari tepung beras yang identik dengan warna hijau muda ini sangat menyegarkan jika dicampur dengan santan dan gula merah. Warna hijau alami untuk membuat dawet adalah dari daun suji.

8. Serabi


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat
Serabi kuliner khas beberapa daerah di Indonesia berbahan tepung beras ini punya cara pengolahan yang berbeda beda. Di daerah Tuban terdapat serabi yang menggunakan saus santan kental namun di daerah lain termasuk sumatera menggunakan saus gula merah kental.

9. Pudding 


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat
Puding yang dibuat dari agar agar terasa sangat menyegarkan. Apalagi puding kacang hijau yang sangat menggiurkan dinikmati saat berbuka puasa. Dengan di olesan gula merah menambah cita rasa manis dan guruh setiap gigitan puding yang kita nikmati.

10. Ketan 


10 Kuliner Tradisional Dengan Saus Gula Merah Lezat
Kuliner terakhir yang bisa dinikmati dengan olesan saus gula merah adalah ketan. Ketan biasanya enak dimakan dengan parutan kelapa dan garam. Ketan atau pulut nikmat untuk sarapan pagi sebagai makanan pokok. Ketan pulut dibuat dari beras ketan.
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar