Tips Menulis Artikel Di Blog



Blogging identik dengan menulis. Menulis di blog tidak berbeda dengan menulis artikel, menulis buku atau mengarang. Kesemuanya dibutuhkan kekuatan ide tulisan agar hasilnya lebih fokus dan enak dibaca. Ide sebenarnya bisa digali dari mana saja namun untuk menuangkan ke dalam tulisan butuh teknik tersendiri. Kemampuan menggali ide dan kemampuan mengorganisasi menulis inilah yang dibutuhkan jika Anda ingin sukses blogging. Semakin sering menulis artikel semakin mudah untuk menggali ide dan menuangkannya.

Saya sendiri diawal terasa membingungkan tidak tahu apa yang akan ditulis dan bagaimana agar tulisan bisa tersusun dengan baik per ide pokok beserta penjabarannya agar mendapatkan jumlah kata yang semakin banyak sebagai salah satu cara trik SEO.  Namun lama kelamaan semakin banyak menulis semakin tahu bagaimana bisa tangan mengetik sendirinya dengan lancar sesuai panduan kata demi kata yang diinstruksikan otak.

Seperti pengalaman yang saya lakukan dalam menulis artikel terlebih dahulu harus menginventarisir apa saja artikel yang pas untuk blog atau biasa disebut niche blog, bagaimana cara mendapatkan ide, cara menuangkan ide atau menulis artikel, memilih gambar atau video untuk relevansi artikel sampai finishing ? Berikut penjelasan selengkapnya :

1. Cara menentukan niche blog

Langkah pertama blogging  termasuk dalam bagian perencanaan adalah menentukan niche blog. Niche blog akan sangat cocok dengan bidang yang kita geluti saat ini baik berkaitan dengan profesi maupun sekedar hobi. Contohnya jika anda suka menulis tentukan niche blogging, Anda seorang karyawan bank, buat niche blog tentang banking, Anda sering melakukan perjalanan keluar kota atau luar pulau cocok dengan blog traveling, Anda seorang guru cocok dengan blog pendidikan, Anda karyawan bengkel cocok membuat blog otomotif dan lain lain. Dengam cara ini akan sangat mempermudah Anda untuk supply artikel ditahapan kedua.

2. Cara mendapatkan ide

Setelah menentukan nice blog di tahapan kedua ini Anda langsung menentukan darimana saja artikel nantinya bisa didapat. Mungkin diawal, tidak ada kesulitan mendapatkan 10 - 20 artikel dari hasil ide sendiri. Namun bagaimana jika ide kita sudah habis , padahal blog butuh ribuan artikel. Yang saya lakukan adalah listing draft judul artikel sebanyak banyaknya berasal dri mana saja termasuk dari blog yang mempunyai pembahasan yang sama. Ingat hanya judulnya saja yang sama bukan isinya. Isi artikel harus berbeda susunan kalimatnya walaupun inti idenya bisa sama , namun lebih bagus ditambah agar semakin banyak kata. Keunikan konten harus dijaga betul untuk mendapatkan prioritas Google seperti renking yang bagus, pengunjung banyak, anti banned adsense, anti blacklist domain dari adsense bahkan terhindar dari momok paling menakutkan yaitu deindeks.

Setelah itu satu persatu judul yang sudah ditangan kita sortir berdasarkan kesulitan, persaingan dan long term kata kunci dan kekayaan ide dan kekesuaian dengan nice blog. Kesulitan menulis karena kita butuh informasi detil maka kita harus cek di sumber referensi seperti blog yang serupa, dari buku dari artikel koran atau majalah atau lebih baik berasal dari sumber asli wawancara dengam ahlinya. Setelah itu cek potensi kata kunci di Google Keyword Planner. Kekayaan ide anda bisa cek sendiri dari pengalaman pribadi bagaimana membuat tulisan yang serupa namun jauh idenya lebih kaya dibandingkan artikel asli dan terakhir semua draft judul tersebut masih dalam scoop nice blog kita atau tidak. Score tertinggi akan mendapatkan prioritas utama untuk ditulis pada urutan pertama.

3. Cara menuangkan ide kedalam tulisan.

Setelah deretan ide judul artikel sudah didapat, langkah berikutnya adalah menulis isi artikel. Langkah ini bagian yang harus membutuhkan keseriusan sehingga waktu yang dibutuhkan juga lebih lama untuk mendapatkan artikel berkualitas. Langkah pertama adalah menentukan judul agar SEO Friendly. Trik menulis judul agar bisa mendongkrak ranking artikel akan saya bahas pada artikel tersendiri. Setelah itu draft ide utama dari judul. Contoh yang sering saya terapkan dalam menulis umpama judul artikel " 5 Aktifitas Penyebab Obesitas " , Mulailah dengan (What), yaitu apa obesitas itu, kembangkan definisi obesitas sebanyak mungkin yang masih mencakup ide utama. Langkah kedua adalah (Why) Mengapa orang bisa terserang obesitas(Where/who) siapa siapa yang rentan terkena obesitas. Setelah itu masuk kedalam pokok bahasan, dan terakhir adalah (How) bagaimana cara mengatasi obesitas. Bagian yang menjadi pembahasan pada judul berikan porsi lebih banyak kata daripada yang lain karena merupakan bagian intinya. Anda tidak harus mengurutkan dari what dulu seperti saya diatas. Anda bisa memulai dari mana saja. Bahkan ada beberapa artikel meletakkan what dibagian terakhir agar artikel bisa dibaca pembaca sampai tuntas.

4. Membuat unik image atau video

Untuk mendapatkan artikel unik, Anda juga harus mendapatkan gambar atau video unik atau tidak mengambil gambar atau video berhak cipta milik orang lain. Cara mudah yang saya lakukan dengan hal hal berikut : Untuk gambar atau vektor tidak berhak cipta saya menggunakan Shutterstock atau Freepik, Jika tidak ada dikedua situs tersebut saya ambil dari google image dan edit sedemikian rupa agar tidak tampak sama dengan aslinya. Jika ada gambar hasil jepretan sendiri jauh lebih bagus. Video juga demikian namun jika terpaksa mengembed video otang lain, harus ditulis sumbernya. Namun untuk keunikannya saya belum tahu karena belum pernah meneliti keunikan artikel dengan video embed dari chanel milik orang lain.

5. Finishing

Langkah terakhir adalah mencek kembali secara keseluruhan terutama isi artikel dari kesalahan ketik, kesesuaian judul dengan isi artikel, jumlah kata diatas 500 atau belum,  Dan terakhit adalah mencek apakah anggap anda adalah orang lain yang lagi membaca artikel tersebut, pantas untuk ditayangkan atau masih butuh perbaikan.

Nah, mudahkan menulis artikel. Jika langkah langkah diatas bisa dilakukan terus menerus maka anda akan terbiasa menulis. Anda tidak butuh paham atau experienced pada semua bidang tulisan yang lagi Anda tulis.Yang dibutuhkan adalah supply informasi yang cukup untuk membuat unique content. Kemudian keahlian mengolah kalimat secara manual juga sangat dibutuhkan buka mesin spinner otomatis yang bakal bermasalah dengan pengunjung walaupun artikel anda unik. Demikian semoga bermanfaat.