Serunya Liburan Dirumah Dengan 7 Cara Ini



Liburan tidak harus identik dengan pergi ke luar rumah atau tempat wisata. Dengan hanya berada dirumah bersama keluarga takkan kalah seru dengan Anda berada ditempat liburan. Yang penting bisa menciptakan suasana kehangatan bersama keluarga berkumpul bersama menikmati hiburan atau melakukan kegiatan yang menciptakan suasana baru. Setidaknya  hari hari yang biasanya menyita rutinitas kesibukan dan kepenatan bisa menjadi rileks dan menyenangkan dengan melakukan aktifitas menyenangkan di dalam rumah atau diluar rumah. Apalagi saat ini banyak kejadian bencana alam seperti tanah longsor, banjir, tsunami, gempa bumi, angin puting beliung yang bisa mengganggu keseruan liburan di tempat tempat wisata.

Anda bisa menjadwal kegiatan sesuai dengan lama liburan. Mulai dari H1 sampai H terakhir termasuk jam berapa dimulai dan selesainya. Bisa juga mengajak keluarga lain atau tetangga untuk membuat kegiatan yang bersifat kebersamaan seperti gotong royong membersihkan lingkungan, atau sekedar nobar saat malam tahun baru dan kegiatan lainnya.

Pokoknya ciptakan ide ide kreatif dan segar agar rutinitas yang biasa kita lakukan bisa untuk sementara dilupakan karena dengan cara ini saat nanti selesai libur dan masuk rutinitas kembali akan lebih fresh dan meningkatkan semangat dan motovasi dalam bekerja, belajar atau kegiatan rutinitas lainnya.

Di artikel ini setidaknya ada 7 kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mengisi liburan di rumah, berikut diantaranya :

1. Nonton film, Karaoke 

Menghilangkan rasa penat dan menciptakan kebersamaan yang pertama adalah dengan nonton film atau menyanyi karaoke. Jika ada beberapa anggota keluarga yang kurang suka menanyi lebih baik dengan menonton film. Film yang ditonton juga tidak sembarangan film, pilihlah film bioskop yang menciptakan kebersamaan keluarga atau film action komedi dan film petualangan . Tidak harus film film baru, film film lama juga banyak yang bagus untuk menghibur diri Beberapa film yang cocok untuk mengisi liburan seperti Jumanji, Cool Running, Alice In Wonderland, Flubber, Jurrasic Park, Into The Wild, 127 Hours dan banyak lagi.

2. Menulis/ Membaca buku

Keluarga Anda penggemar menulis atau membaca buku ?, sediakan waktu santai untuk melakukan aktifitas ini. Anda tidak harus melakukannya di ruang baca, bisa dilakukan di teras atau space outdoor agar suasana liburan juga terasa. Jika ada saung yang anda bangun di belakang rumah, jauh lebih baik bahkan bisa Anda selingi dengan kegiatan kegiatan lainnya.

3. Bikin proyek

Saat Anda lagi sibuk rutinitas mungkin sempat terpikir ingin menyelesaikan sebuah proyek bersama keluarga seperti bikin blog atau situs, programming, eksperimen dan lain lain. Nah, saat liburan adalah waktu paling tepat untuk menyelesaikannya. Ciptakan kelompok kerja agar masing masing anggota keluarga punya tugas sendiri sendiri. Keseruan akan terasa saat saling komunikasi, membangun kerjasama atau mungkin ada kesalahan kesalahan yang membuat semakin asyik .

4. Mengaji / Mengkaji ilmu Agama/ Sholat berjama'ah

Saat menjalankan rutinitas mungkin tak ada kesempatan untuk membaca tafsir Qur'an atau berzikir bahkan membaca Qur'an khatam 30 Juz. Di saat liburan ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan ini semua untuk mengumpulkan pundi pundi amal sholeh. Anda bisa lakukan tidak harus ditempat biasa , bisa juga di tempat lain yang sepi namun bisa lebih santai. Jika Anda ingin membuat seperti tadarrus, ada yang membaca ada juga yang menyimak, persiapkan waktu yang tepat untuk melakukannya , buat jadwal berapa jam setiap hari dilaksanakan.

Selain itu jika saat menjalankan rutinitas Anda jarang melaksanakan sholat secara berjama'ah, saat libur adalah waktu yang tepat untuk menjalankan sholat berjama'ah apalagi jika domisili Anda terjangkau dengan jalan kaki menuju Masjid atau musholla, Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk selalu sholat berjama'ah di masjid.

5. Memasak

Biasanya kegiatan yang satu ini paling lumrah dilakukan. Untuk membuat kebersamaan Anda bisa buat list pekerjaan masak bersama setiap harinya, atau menjadwal siapa yang menjadi koki utama hari ini. Semua akhirnya mendapat giliran baik bapak, Ibu, dan anak anak. Koki utama harus bisa mengatur anak buahnya apa yang harus dilakukan, enak atau tidak hasil masakan koki utama yang nantinya punya tanggung jawab. Keseruan akan tambah terasa saat kegiatan memasak bahkan saat menikmati masakan di meja makan.

6. Berkebun

Jika Anda punya sisa lahan di belakang rumah alangkah baiknya waktu liburan untuk berkebun bersama keluarga. Anda bisa menanan tanaman apa saja yang cocok untuk cocok tanam di daerah anda, membersihkkannya dari rumput rumput liar. Bahkan setelah bersih Anda juga bisa bikin semacam tempat berkemah di kebun atau bikin saung sederhana untuk kegiatan outdoor.

7. Bermain / Berolahraga

Diurutan terakhir ini permainan yang baik menurut saya adalah permainan yang menciptakan gerakan sekaligus untuk berolah raga bukan bermain Playgame, video games yang justru bisa membuat kecanduan dan melupakan waktu. Anda bisa bermain karet atau lompat tali, bulu tangkis, senam pagi dengan musik atau permainan yang menciptakan gerakan  lainnya yang bersifat menjalin kebersamaan.

Dengan menikmati keasyikan ketujuh kegiatan diatas saya yakin Anda akan sangat menikmati liburan dan takkan kalah dengan liburan liburan di luar daerah atau di luar negeri yang bisa menghabiskan banyak uang. Anda cukup dengan berada di rumah tidak mengeluarkan dana sama sekali bisa membawa keluarga senang dan terhibur untuk sekedar melupakan kepenatan ajkan rutinitas setiap hari.