Skip to main content

3 Kelebihan Dan kekurangan Artikel Tips Dan Tutorial Untuk Blog


Bagi seorang blogger, mengisi konten blog dengan artikel tutorial tentang hobi maupun pengalaman pribadi adalah hal wajib yang harus dilakukan untuk mendapatkan artikel unik dan mudah didapat. Artikel tips dan tutorial sesungguhnya mempunyai ruang yang sangal luas, segala sesuatu yang kita lakukan sehari hari bisa dimanfaatkan untuk ditulis menjadi sebuah artikel bermanfaat. Apalagi tips tips yang up to date dan paling dicari oleh pengunjung blog. Gak percaya ? coba ketik cara membuat di mesin pencarian Google, akan muncul lebih dari setengan milyar result dan hasil ini tidak bergerak malah cenderung naik, ini artinya kebanyakan orang akan selalu mencari tips tips melalui pencarian setiap harinya.

Namun satu syarat tips dan tutorial yang ditulis memang harus difahami dengan baik oleh pembuat artikel, kalau tidak bisa berubah menjadi konten yang kurang bermanfaat, judul menarik namun isinya biasa saja, bahkan bisa jadi menjadi konten yang menyesatkan. Saat ini google juga telah membuat peraturan yang menegaskan bahwa konten konten seperti ini bisa mendapatkan hukuman seperti deindeks, tidak tampil iklan Adsense bahkan juga bisa mengakibatkan pelanggaran serius. Oleh karena itu trik yang saya gunakan adalah lebih bersifat pengalaman, karena bersifat subjektif jika sebuah tips yang saya sajikan masih merupakan pengalaman pertama atau coba coba.


Bagi Anda yang rajin menulis dan mengisi artikel blog dengan tips tips atau tutorial, berikut adalah manfaat atau kelebihannya :

1. Kata kunci long term

Hal yang paling menggembirakan bahwa sebagian besar artikel tips atau tutorial tidak pernah basi alias long term.  Sekali menulis dan memposting di blog, akan bermanfaat lama bahkan bisa sampai tahunan. Seperti contoh saya pernah menulis pengalaman tentang gelaja Asam Urat yang bisa diobati dengan Daun Salam. Artikel tips semacam ini akan bertahan lama dengan kata kunci Asam Urat atau daun Salam.

2. Cakupan pembahasan tidak terbatas

Sumber artikel bisa kita dapatkan darimana saja. Setiap aktifitas kita sehari hari baik di rumah di tempat kerja, diperjalanan bahkan sedang melakukan apa saja dari mulai bangun sampai tidur bahkan aktifitas tidur sendiri bisa kita tulis dalam sebuah tips. Selain itu tips dan trik selain dalam hal kehidupan sehari hari bisa juga didapat dari pengalaman dan hobi dibidang teknologi, kesehatan, pendidikan, perbankan, pertanian, usaha atau bisnis dan lain lain Hal ini bisa menjadi bahan tulisan yang beragam dan menjadi sumber informasi yang semakin luas

3. Mudah menaikkan jumlah pengunjung

Ada satu pengalaman saya tentang menaikkan pengunjung artikel tips dan tutorial yaitu kita tidak terlalu perlu riset kata kunci yang kompleks. Cukup dengan mengawali judul dengan kata cara membuat, cara bikin atau cara mengatasi dengan obyek pembahasan pengalaman sendiri sudah bisa menjamin meningkatnya jumlah pengunjung. Apalagi diimbangi dengan gambar yang menarik dan jumlah kata yang semakin banyak. Otomatis jumlah pengunjung akan bertambah dengan sendirinya.


Selain 3 kelebihan diatas ada 3 kekurangan utama yang perlu Anda pertimbangkan. Tantangannya bukan berarti tidak bisa dihadapi. Namun butuh kerja ekstra dan waktu yang tersita, berikut diantaranya :

1. Persaingan besar

Sudah menjadi hukum alam jika sebuah kata kunci banyak dicari pasti persaingannya akan besar. Kesulitan ini kadang membuat para blogger pasrah karena kalah bersaing dengan blog yang lebih bagus. Namun hal ini tetap bisa diatasi dengan tetap konsisten menulis konten secara kontinyu dan usahakan mencari tips yang sedikit orang menulisnya agar ranking bisa terdongkrak.

2. Sulit membuat artikel unik kecuali dari pengalaman sendiri

Jika Anda mendapatkan artikel berasal dari blog lain menurut untuk disajikan lebih bagus membutuhkan manipulasi yang lebih detil dan butuh waktu lebih lama dari artikel biasa seperti mengubah susunan kata, membuat gambar yang unik agar walaupun dengan bentuk yang berbeda mempunyai maksud yang sama.  Lain halnya dengan dengan artikel tips dari pengalaman sendiri, sangat mudah menuliskan dan gambar langsung bisa kita dapat dari pengalaman tersebut.

3. Lebih banyak gambar dan video

Jika ingin membuat artikel tips lebih keren dan menarik banyak pengunjung adalah wajib hukumnya untuk menambahkan gambar lebih banyak bahkan embed video tutorial di youtube. Butuh pekerjaan ekstra untuk edit gambar dan upload video tutorial denga topik yang sama dengan artikel. Perhatikan artikel artikel dari situs terkenal seperti detikcom, dibagian bawah selalu ditampilkan arikel dalam bentuk video jika dalam bentuk tulisan kurang difahami oleh pengunjung.


Jika Anda ingin mengisi artikel tutorial atau tips, saran saya jangan terlalu mengejar jumlah artikel karena setiap artikel siap posting butuh waktu lebih lama untuk mempersiapkannya. Berakit rakit dahulu, berenang renang ketepian, bersakit sakit dahulu, bersenang senang kemudian. Kerjakan secara detil artikel demi artikel untuk penyajian terbaik, Insya Allah, usaha tidak akan mengkhianati hasil.
Comment Policy: Mohon untuk berkomentar sesuai pembahasan artikel.
Buka Komentar