Skip to main content

Tips Memilih Domain Paling Murah Untuk Blog Pribadi


Salah satu kebutuhan pokok seorang blogger adalah membeli domain. Domain merupakan nama unik yang nantinya akan muncul sebagai alamat blog saat blog diakses oleh pengguna maupun blog akan di crawl oleh mesin pencari sehingga alamat domain tersebut bisa menjadi pintu masuk ke dalam isi blog. Bagi seorang internet marketer atau blogger sekalipun, kegunaan domain merupakan senjata utama untuk mengenalkan ide dan gagasan yang tertuang dalam blog. Anda bisa bayangkan jika punya produk sendiri dan ingin mengenalkannya kepada masyarakat. Cukup buat menjadi domain kemudian kenalkan domain secara offline (melalui kaos, sticker , spanduk dll) maupun secara online (melalui mesin pencari), maka produk tersebut akan dikenal oleh orang banyak. Oleh karena itu jika ingin sukses menyelami dunia maya, tentukan nama domain yang tepat dan branding sesuai dengan fokus bisnis yang Anda geluti.

Domain yang dimaksud adalah Top Level Domain (TLD) yang jika Anda bergelut didunia Adsense dengan akun review situs, maka Domain TLD ini adalah syarat wajib karena untuk akun non hosted Anda tidak diperkenankan lagi menambahkan blogspot untuk di review. Ada banyak sekali jenis domain yang bisa Anda pilih mulai dari .com, .net. .info, .id, .org, .xyz dan jenis domain yang lainnya. Sepintas bisa membingungkan bagi pemula, jenis domain apa yang cocok untuk blog saya. dalam pertimbangan apa saja yang paling bijak untuk menentukan jenis domain. Nah, untuk itu melalui artikel ini saya akan berbagi pengalaman seputar memilih jenis domain sampai pilihan saya tertuju pada domain .web.id.

Jika ingin membuat blog pribadi dengan tujuan jangka panjang seperti saya, hal yang harus diperhatikan adalah harga domain tidak hanya murah ditahun pertama saja, namun jangka waktu 5 bahkan 10 tahun kedepan harganya sama dengan harga ditahun pertama. Banyak penyedia domain saat ini yang menawarkan harga promo ditahun pertama dengan sangat murah namun pada tahun berikutnya saat perpanjangan domain harganya selangit.

BACA JUGA : The Power Of Original Content,  8 Kelebihan Artikel Hasil Tulisan sendiri

Namun setelah saya menjelajahi berbagai situs penyedia domain ternyata domain .com,.id ,.web.id, .my.id adalah domain domain yang memberikan harga stabil baik ditahun pertama dan tahun tahun perpanjangan, walaupun dari berbagai situs penyedia domain terdapat selisih harga lebih murah dan ada juga lebih mahal dari yang lain.

Pertimbangan pertama mengapa saya memilih .web.id karena harganya jauh lebih murah. Sementara disisi lain, jenis domain tidak begitu menentukan kepopuleran blog. Kontenlah yang menjadi raja bagi keberlangsungan blog. Walaupun domain yang dipilih adalah yang populer seperti .com atau.net namun jika kontennya tidak berkualitas maka kepopuleran domain juga tidak ada gunanya, demikian juga sebaliknya. Domain .com berharga seratusan ribu sedangkan .id berharga  2 kali lipat dari.com, lalu saya melihat .web.id, .my.id dan .ponpes.id berharga 60-an ribu. Nah, tentu ketiga domain inilah yang termurah. Setelah itu untuk menyesuaikan dengan niche dan konten blog akhirnya saya memilih jenis .web.id. Namun perlu diingat bahwa semua domain Indonesia dengan extension .id harus melampirkan scan identitas pemilik blog seperti KTP atau SIM.

Pertimbangan kedua selain murah adalah kepuasan layanan. Sebenarnya tidak susah untuk mendapatkan informasi kepuasan layanan sebuah penyedia domain. Cari nama beberapa provider ternama di Indonesia dan setelah itu  googling review dan testimoninya. Pilih yang paling banyak review positif ketimbang negatif. Saya sendiri jatuh pada pilihan provider Rumahweb Indonesia.

Nah, itulah mengapa saya menjatuhkan diri memilih domain ini. Bagaimana dengan pilihan sobat blogger semua. Silahkan berkomentar sesuai argumen masing masing.
Comment Policy: Mohon untuk berkomentar sesuai pembahasan artikel.
Buka Komentar