Skip to main content

follow us


Kalau anda berada di Jabodetabek pasti mengenal tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Bantar Gebang di Bekasi. Lalu apa nama tempat pembuangan sampah akhir di Medan khususnya Medan Utara ?. Ya , penduduk sekitar TPA menyebutnya dengan nama TPA Pulau Nibung karena berada di jalan Pulau Nibung.

TPA Pulau Nibung adalah salah satu tempat TPA yang dimiliki Pemko Medan disamping 2 TPA lainnya yang dimiliki Pemko Medan yaitu di Namo Bintang dan Talun Kenas Deli Serdang. Lokasinya berada di Kecamatan Medan Marelan. Jika Anda pingin tahu, dari pusat kota berjarak 15 km ke arah utara. Anda bisa melalui jalan utama  Medan Belawan - Kolonel Yos Sudarso kemudian sampai di Simpang kantor belok kiri sampai jumpa pertigaan Pasar 5 Marelan belok kanan memasuki jalan Jl. Kapten Rahmad Buddin 2 km disebelah kanan ada Jalan Pulau Nibung.  Anda juga bisa melalui jalan alternatif yang lebih dekat dari pusat kota dengan melalui jalan Marelan Raya belok kiri di simpang pasar 5 ke Jl. Kapten Rahmad Buddin kemudian memasuki Jl, Pulau Nibung.

BACA JUGA : Masjid Al Osmani Bukti Jejak Melayu Deli Di Medan Utara

Seperti TPA TPA pada umumnya bau busuk menyengat dari sampah sampah organik bercampur baur sampah anorganik baik dari sisa limbah rumah tangga, maupun dari fasilitas umum. Selain itu lalat , nyamuk dan hewan hewan penyabab penyakit lainya juga bersarang dan menjadi tempat favorit untuk berkembang biak. Tak hanya itu aktifitas mobil mobil sampah, alat berat, para pemulung juga setiap hari menghiasi TPA terbesar di Medan ini.

Namun dibalik geliat aktifitas persampahan ini ternyata tersimpan pemandangan gundukan sampah yang sudah menghijau. Beberapa waktu lalu sejumlah siswa SMA Negeri 16 yang lokasinya tidak jauh dari TPA melakukan kegiatan studi wisata ketempat pengelolaan sampah akhir tersebut. Pemandangan hijau  muncul dari atas bukit sampah dengan latar belakang sawah penduduk yang menghijau dan pemandangan rumah rumah yang bisa di lihat dari ketinggian bukit sampah.

Tak ayal pemandangan ini menjadi objek foto foto masyarakat sekitar. Bagi para traveler mungkin belum banyak yang tahu spot baru ini karena tempat ini juga tidak dikelola khusus untuk wisata karena bau busuk yang menyengat juga masih tercium disini. Namun jika Anda bisa mengabaikan baunya dan hanya mengambil foto pemandangan hijau dari balik bukit sampah,

Bagi Anda penggila spot selfi, tempat ini bisa Anda pertimbangkan untuk eksis ber foto ria bagi keperluan update status di sosial media atau keperluan lainnya. Namun pertimbangkan masak masak menggunakan tempat ini untuk foto prewedding atau tempat foto profesional lainnya. jangan khawatir , Anda mendapatkan semuanya ditempat ini tanpa bayar sepeserpun alias gratis.

Perlu Anda tahu bahwa didekat TPA ini juga terdapat lokasi wisata air dan sebuah museum. Destinasi wisata yang dekat dengan TPA Pulau Nibung ini adalah Danau Siombak dan Museum Kota Cina yang berlokasi di Paya Pasir kurang lebih 3 km jaraknya dari lokasi TPA. Keduanya juga masih berada di wilayah kecamatan Medan Marelan. beberapa traveler luar kota lebih mengenal kedua tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata Kota Medan yang wajib di kunjungi.

Bantu Blogger Berkreasi : Cukup dengan baca artikel, ambil info manfaatnya dan jangan diduplikasi dengan mencopy paste artikel ke blog lain. Jika sobat menginginkan artikel dari saya, silahkan menghubungi melalui contact.
Buka Komentar