Kelebihan Dan Kekurangan Google Adsense Add Site Dengan Review


Dipertengahan Oktober 2018 saat mendaftar dan di approve Google adsense, muncul tombol baru dalam dashboard adsense dimana jika akan menambahkan situs baru untuk menampilkan iklan di blog, tidak langsung bisa tampil iklannya. Blog harus meminta direview pada situs situs yang bakal dipasang iklan adsense, berbeda dengan adsense yang lama yang menyajikan tombol slider yang hanya berguna untuk verifikasi kepemilikan situs, bisa di aktifkan dan dinonaktifkan, namun tidak bisa dihapus. Sepintas memang bisa menjadi kendala dalam mengaktifkan iklan diblog, namun ternyata akun adsense tanpa add site review  jika kita ingin menambahkan situs untuk dipasang script iklan juga tidak lantas muncul iklannya. Jadi menurut saya adsense yang tidak mempunyai tombol add site review pun google secara diam diam juga melakukan review situs yang akan dipasang iklan, jika melanggar policy maka iklan tidak tayang.

Bagi pemilik akun baru yang di approve, tombol add site dengan review bisa membingungkan karena setelah mempunyai akun adsense yang approved, masih melalui beberapa langkah lagi untuk memulai mengunduh pendapatan dari adsense. Bahkan jika situs tidak kunjung di review, kita juga masih butuh waktu untuk menunggu lagi. Namun karena blogger adsense bekerja berdasarkan aturan yang dibuat Google, maka tidak ada pilihan lain kecuali mematuhinya.

Secara lengkap , berikut kelebihan dan kekurangan akun google Adsense baru dengan review jika ingin menambahkan situs penayang iklan :

Kelebihan :

1. Jadi tahu kesalahan blog setelah melalui proses review.

Tombol request review bisa menjadi ukuran bahwa seberapa patuh publisher kepada kebijakan google. Jika iklan tidak muncul saat add site, banyak kemungkinan kesalahan atau pelanggaran yang harus dibetulkan seperti akibat artikel yang melanggar karena konten terlarang, kesalahan penempatan iklan, template yang tidak mendukung dan.lain lain.

2.  Lebih mudah mengatasi peringatan ads.txt

Ads txt merupakan fitur baru adsense yang membantu menginventarisir iklan digital yang akan dijual melalui penjual resmi seperti periklanan Google Adsense. Dengan memasang file ads.txt maka Google bisa mengkontrol siapa yang dizinkan untuk menjual iklan di situs penayang iklan dan mencegah inventaris palsu yang ditampilkan kepada advertiser. Jika muncul peringatan ads.txt, dengan tombol ad site review, untuk menghilangkannya cukup dengan remove situsnya.

3. Bisa remove situs yang tidak disetujui

Jika sudah diperbaiki dan situs tidak kunjung mendapatkan persetujuan review, url blog bisa dihapus dengan menekan tombol titik 3 dan klik remove .Dengan menghapus blog dari situs yang direview, berarti pelanggaran ads.txt bisa dihilangkan jika blog yang direview tidak lagi dipasang script ads.txt
Sedangkan adsense yang lama nama blog tidak bisa dihapus walaupun tidak diaktifkan, akibatnya jika kita buang script ads.txt maka akan.muncul notifikasi pelanggaran ads.txt.

4. Mengurangi resiko banned akun

Jika tidak ada tombol review kita tidak tahu blog melanggar peraturan atau tidak. Bisa kita bayangkan peringatan pelanggaran di Adsense semua berujung pada banned akun. Sehingga saat memasang script adsense di blog kemungkinan banned adsense lebih besar. Lain halnya jika blog direview terlebih dahulu sebelum dipasang script iklan, kesalahan pada blog tidak mengakibatkan banned akun namun cukup diperingati dengan notifikasi NEED ATTENTION. Sehingga dengan demikian tidak berakibat pada kesalahan yang membuat banned akun

5. Mengubah mindset ngeblog

Blog copas, AGC, artikel spin, memanipulasi konten menjadi unik namun.miskin informasi sudah saatnya kita tinggalkan. Mulailah dengan ngeblog dengan menulis ide sendiri jika ingin langgeng ngeblog. Pelan tapi pasti dengan memikirkan kualitas konten. banyak keuntungan yang didapat dari konten original di jaman algoritma google saat ini. Ingat, Google akan terus menutup celah yang bisa dimanfaatkan oleh publisher untuk bermain curang dalam google Adsense termasuk konten, penempatan iklan dan lain lain..

Selain kelebihan yang menurut saya ada pada akun Google Adsense baru ini, ada kelemahannya. Selain mengurangi fiturnya, juga kinerja yang kurang optimal tidak seperti akun yang lama. Berikut diantaranya :

1. Blogspot tidak diterima lagi

Adsense non hosted sudah tidak lagi bisa tayang iklan di blogspot, namun jika ingin menayangkannya juga bisa menggunakan akun hosted. Coba submit menggunakan blogspot, url tidak support dan kita diarahkan untuk menggunkan  akun hosted untuk menampilkan iklan konten di blogspot.

2.  Mengulur Waktu

Iklan tidak muncul. Hal ini disebabkan proses review butuh waktu 24 jam bahkan lebih lama untuk sampai mendapat kepastian disetujui atau ditolak. Perlu waktu menunggu sampai proses review selesai.

3. Banyak space yang kosong

Tampilan blog tampak kurang bagus karena banyak space yang kosong. Apalagi jika kita aktifkan auto ads.

Cara Submit Blog Untuk Review 


Tidak sulit untuk mensubmit blog untuk direview, syaratnya cukup dengan blog sudah berdomain TLD kecuali freenom. Domain .TK .akan mendapat peringatan bahwa blog melanggar peraturan Google. Saya pernah mencobanya.

Setelah submit, Google butuh waktu 24 jam untuk mereview namun berdasarkan pengalaman butuh waktu sampai 3 hari.  Ada 4 notifikasi yang akan muncul setelah review selesai diantranya :

  • Not reviewed  : situs belum direview, dibagian bawah requeat review untuk melakukan proses review. Biasanya script Adsense belum terpasang di blog
  • Need attention : Ada sebagian atau beberapa halaman yang bermasalah dan perlu diperbaiki, biasanya masalah timbul karena kesalahan kode html atau kode verifikasi situs tidak pas , jika tidak ada violation, namun kesalahan tidak ditunjukkan dibagian yang mana.
  • Getting ready : situs menunggu dalam proses review, dalam notifikasi katanya tidak lebih dari 1 hari, namun biasanya waktu yang  dibutuhkan lebih lama.
  • Ready : situs selesai proses review untuk disetujui dan siap tayang iklan.
Sekali.lagi jika tidak disetujui dalam proses review, anda bisa remove situs yang tidak disetujui tadi untuk mengatasi masalah pelanggaran ads.txt

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, Google Adsense Add Site dengan review memberi gambaran semakin ketatnya penayangan iklan milik Google ini. Ataukah Anda masih menggunakan trik trik mengecoh google untuk meningkatkan earning ?, silahkan berkomentar dibawah. 

Demikian, kelebihan dan kekurangan akun adsense dengan tombol add site dengan  review .