Skip to main content

follow us

Blog AMP membutuihkan perlakuan tersendiri dalam mensiasati baik dalam membuat artikel, memasang iklan Adsense atau menambah widget yang kita inginkan. Beberapa cara masih dilakukan secara manual inilah yang membuat sebagian blogger masih enggan mengganti template dengan yang Valid AMP, padahal dari segi performa blog, Template AMP saat ini lebih unggul dibanding dengan Non AMP baik kecepatan loading, artikel diposisi yang lebih baik dan lebih hemat kuota.

Efek kecepatan loading blog akan sangat berpengaruh pada tingkat bounce rate menjadi berkurang dan ujungnya juga akan meningkatkan jumlah pengunjung blog. Bagi Anda yang memulai membuat blog akan lebih baik menggunakan template valid AMP karena jika blog lama Anda ubah templatenya menjadi AMP, maka semua gambar yang ada dalam artikel harus di edit kembali agar valid AMP.

Salah satu jenis script iklan yang akan dipasang di blog adalah iklan otomatis atau auto Ads. Iklan ini jika diaktifkan dan akun diapprove Adsense, akan muncul secara otomatis di space yang dianggap cocok.

Saat review google Adsense tahap 2 saat kita submit application  ada script iklan yang harus kita letakkan pada antara <head> dengan </head>. Sayangnya script tersebut tidak valid AMP, sehingga setelah kita letakkan seperti yang diminta, template akan mengalami error saat dites di AMP validator. Kebingungan ini juga yang saya alami disatu sisi kita disuruh meletakkan script di blog di lain sisi script tersebut malah menjadi masalah di blog.

Setelah membaca beberapa review ternyata masalahnya tidak sesulit yang saya bayangkan. Kuncinya adalah mencari script Adsense yang valid AMP. Ternyata tempatnya di akun adsense di tab Iklan Otomatis. Perlu Anda ketahui bahwa review 2 Adsense Anda sudah diperbolehkan meletakkan iklan script iklan di blog. Sehingga semua Tab di Adsense sudah diaktifkan. Lalu apakah automatic ads yang tidak valid tidak jadi kita letakkan di blog ? Memang script yang tidak valid kita gantikan dengan script yang valid AMP biasanya bentuknya seperti ini :
<amp-auto-ads type="adsense"
              data-ad-client="ca-pub-0000000000000000">
</amp-auto-ads>

Script diatas adalah pengganti dari script yang tidak valid AMP seperti ini :
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: "ca-pub-0000000000000000",
    enable_page_level_ads: true
  });
</script>
Nah, di artikel ini saya akan berbagi cara memasang ikan otomatis saat review di Google Adsense sebagai persyaratan untuk mengcrawl blog apakah sudah sesuai ketentuan menjadi partner Google atau belum, berikut selengkapnya :

1. Untuk menemukan letak scriptnya Klik Iklan Saya > Content>Iklan Otomatis> kemudian ada 2 pilihan di Tab Atas : IKLAN OTOMATIS dan IKLAN OTOMATIS UNTUK AMP. Di Tab kedua inilah kita pilih.

2. Aktifkan iklan Teks Display dengan mencentang dibagian secara otomatis mendapatkan format baru.

3. Tempelkan Script ini di bawah <head> :
<script async custom-element="amp-auto-ads"
        src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js">
</script>
4. Terakhir baru letakkan scriptnya dibawah ini  persis di atas </body> :
<amp-auto-ads type="adsense"
              data-ad-client="ca-pub-0000000000000000">
</amp-auto-ads>
ganti ca-pub dengan kode milik akun Anda. Kode ini bisa letaknya dibagian paling bawah. Jangan meletakkan script adsense melalui Add Gadget baik di head maupun di sidebar, akan menyebabkan tidak valid AMP.

5. Terakhir baru submit application. tunggu beberapa hari untuk review.

Setelah berhasil, coba validasi kembali template AMP blog Anda dengan validator apakah error atau tidak. saya mencobanya tidak ada masalah.

Demikian dan semoga bermanfaat
Bantu Blogger Berkreasi : Cukup dengan baca artikel, ambil info manfaatnya dan jangan diduplikasi dengan mencopy paste artikel ke blog lain. Jika sobat menginginkan artikel dari saya, silahkan menghubungi melalui contact.
Buka Komentar