Tips Menulis Artikel Blog Dengan Teknik Listing



Gaya dan bahasa penulisan sebuah artikel bisa menjadi salah satu penentu kesuksesan ngeblog.  Dua aspek yang harus menjadi pertimbangan utama jika Anda ingin menulis konten original.  Gaya bahasa yang ringan, menggunakan bahasa baku namun masih dipahami dalam kehidupan sehari hari adn tidak berbelit belit sangat disarankan untuk sebuah blog. Untuk bentuk penulisan artikel bagi saya teknik listing merupakan cara paling mudah untuk mengakomodasi ide dengan mudah.

Nah, diartikel kali ini saya akan mengulas tentang satu teknik penulisan artikel yang menjadi kesukaan saya yaitu teknik listing. Pernahkan Anda membaca sebuah artikel dengan judul didepannya ada angka seperti berikut 8 kecanggihan smartphone samsung note 9 jika dibandingkan versi sebelumnya,12 cara menjaga kebugaran tubuh, 5 hal yang harus diperhatikan saat ibu menyusui, 15 kebutuhan yang harus disiapkan saat lanjut usia dan lain lain. Nah judul diatas merupakan artikel yang ditulis dengan teknik listing atau daftar.

Jadi tenik listing adalah teknik penulisan yang menggunakan poin poin sebagai tumpuan ide utama. Setiap poin adalah satu list atau satu daftar diibaratkan adalah tiang penyangga utama ide artikel. JIka Anda bisa membangun semakin banyak poin dalam artikel maka tulisan anda semakin kuatatau semakin baik karena anda mampu mengakomodasi seluruh ide utama dari judul yang Anda buat. Bentuk penulisan artikel seperti ini bagi saya sangat cocok untuk menulis artikel karena sistematikanya jelas dan mudah difahami. Membuat artikel berbentuk seperti ini memudahkan penulis untuk menuangkan ide karena langsung masuk ke pokok pembahasan.


Buah manis atau manfaat yang bisa didapat dari menulis artikel dengan cara listing diantaranya :
  • Artikel padat, langsung pada pokok permasalahan dan tidak bertele tele.
  • Lebih disukai google. Anda bisa searching ke google kebanyakan artikel urutan atas berisi artikel dengan bentuk.listing
  • Situs situs besar menggunakan teknik ini. Lihat saja Listverse dot com.
  • Lebih disukai pembaca apalagi judulnya membuat penasaran atau viral. 
  • Sebagian besar jenis artikel bisa ditulis dalam bentuk listing termasuk tips,trik, tutorial dll.
  • Judul lebih menarik sehingga bisa mengandung nilai klik lebih banyak

Ada beberapa jenis artikel yang memang penulisannya tidak cocok menggunakan teknik listing seperti sinopsis, cerita, opini dll karena semua dalam artikel berbentuk alur.
Jika Anda ingin trik menulis seperti yang saya lakukan ambil contoh pada penulisan di situs hipwee yang mengusung artikel hubungan manusia (relation) atau, gaya hidup berikut ini :

  1.  Awali dengan membuat ide dari sifat manusia seperti senang, cinta, benci, malu, dendam, galau dan lain.lain. 
  2. Untuk membuat judul pilih salah satu dari sifat diatas tambahkan angka didepannya dan eksekusi dengan ide Anda dibelakangnya. Seperti contohnya 10 rasa cinta terpendam yang harus Anda waspadai, atau 5 rasa cinta yang tidak boleh Anda bangun sebelum waktunya dan lain lain.
  3. Untuk memulai membuat isi artikel terlebih dahulu susun draft atau kerangka point satu persatu jangan tergesa gesa karena draft list ini adalah pokok pikiran dalam artikel. Kualitas isi artikel ditentukan dari draft yang dibuat. Biasanya point bisa saya dapatkan dari  sebuah kejadian tertentu. Bisa juga ide draft dibangun dari perenungan atau membaca artikel serupa.
  4.  Mulailah mengembangkan masing masing masing listing tadi menjadi paragraf yang saling berkaitan satu kalimat dengan kalimat lain. Jangan membuat penjabarannya rancu atau membingungkan karena diulang ulang atau ngelantur entah kemana. Tetaplah pada kerangka yang dijabarkan tersebut. Jika kehabisan kata kata bisa intip kok artikel serupa.
  5. Terakhir periksa dan baca kembali seolah Anda adalah pembaca blog bukan oleh pembuat artikel.

Demikian semoga bermanfaat