Ternak Lebah Di Perkotaan ?, Siapa Takut.

Budidaya peternakan lebah salah satu usaha prospektif ditengah berbagai usaha yang membutuhkan modal besar namun ternyata penghasilan yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ternak lebah memang membutuhkan kejelian dan kehati hatian karena bagaimanapun kesuksesannya tetap berkaitan dengan keramahan alam. Seperti suhu, kelembaban, tumbuhan pelindung, tumbuhan bunga yang tumbuh dengan baik dan terhindar dari hewan hewan musuh.

 Diartikel ini saya akan menuliskan satu jenis usaha ternak lebah yang unik dan menarik untuk dicoba. Anda punya lahan kosong di daerah perkotaan, pertimbangkan untuk beternak lebah. Gak salah tuh. Lebah kan menyengat berbahaya bagi orang disekitarnya. Memang benar tawon atau lebah sangat berbahaya karena sengatannya mengandung racun. Namun tidak untuk lebah jenis satu ini. Namanya Tawon Klanceng atau lebah klanceng atau Kelulut (Apis Trigona SP). Jenis lebah ini bisa dipertimbangkan  untuk bisa dibudidayakan di perkotaan atau daerah padat penduduk asalkan kebutuhan pakannya terpenuhi dengan baik. Beberapa alasan tawon klanceng bisa dibudidayakan di perkotaaan diantaranya tidak menyengat namun hanya menggigit seperti semut, daya jangkau terbang tidak terlalu jauh, bududayanya tidak terlalu rumit dan sarangnya bisa di letakkan dimana saja.

Salah satu pebudidaya yang menerapkan ternak lebah di perkotaan adalah Rahmad Hidayat Nasution yang berlokasi di Perumahan Kompleks BTN Karya Indah di Jalan Jati Karya, Binjai Utara yang memanfaatkan lahana sempit kawasan perumahan di rumahnya. Dilahan yang dimilikinya  hanya ditanami satu taman kecil dengan diisi beberapa tanaman bunga serta pohon kecil di pojok.


Tapi di taman kecil berhadapan dengan teras rumah, Rahmad membudidayakan lebah madunya yaitu lebah klanceng atau tawon klanceng.

Di Sumatera Utara, belakangan banyak yang membudidayakan jenis lebah ini, yang disebut oleh masyarakat lokal dengan Galo galo.

Klanceng dipilih, karena cara budidayanya praktis dan gampang. Tak perlu mengeluarkan biaya besat, setelah mengeluarkan modal awal berikutnya tinggal menunggu lebah-lebah tersebut menghasilkan madu dan mendatangkan penghasilan sampingan.


Menurut Rahmad, dibandingkan ternak lebah umumnya,seperti apis cerana,harus digembalakan dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mengejar sumber makanan.


Karena tidak menyengat dan jinak, sarangnya di taman depan teras ini, sementara saya juga punya anak kecil,kata Rahmad, sembari menunjuk sarang-sarang kelulutnya  yang hanya berjarak sekitar dua sampai tiga meter dari teras rumahnya.


Satu hal yang menjadi musuh lebah klanceng adalah Semut, oleh karena itu hindarkan sarang yang dibuat jauh dari semut dan jangan sampai membakart sampah atau asap.

Harga madu tawon klanceng yang sangat menggiurkan bisa menjadi pertimbangan Anda mengembangkan usaha di perkotaan. Di Desa Jelok Kec. Kali Gesing , Purworejo Jawa tengah sebagai sentra baru pengembangan Lebah Tawon Klanceng, madu dengan ukuran 130 ml dijual dengan harga Rp 80 rubu rupiah sedangkan yang berukuran 260 ml dijual dengan harga Rp 160 ribu.

Untuk khasiat, madu dari tawon klanceng tidak usah diragukan lagi seperti mencegah kanker, menambah kejantanan pria, proses penyembuhan, nutrisi ibu hamil, meningkatkan kecerdasan anak dan lain lain.

Selain madu, pebudidaya lebah juga bisa mengembangkan propolis sebagai produk lain selain madu. Propolis adalah  cairan mirip getah yang dikumpulkan lebah dari berbagai pohon. Getah ini berfungsi untuk menutup sarang lebah dari celah celah yang ada.

Demikian informasi usaha kali ini