Skip to main content

follow us



Pegawai Negeri Sipil atau saatini disebut dengan ASN atau kepanjangan dari Aparatur Sipil Negara merupakan profesi yang masih diidam idamkan dijaman milenial ini. Sebuah profesi yang menjanjikan kesejahteraan baik masih aktif tugas maupun saat sudah pensiun. Berbagai fasilitas seperti gaji dan tunjangan akan selalu bertambah secara otomatis seiring dengan tingkat kepangkatan , jabatan dan masa kerjanya.

Keuntungan menjadi seorang abdi negara saat ini diantaranya :

1. Menjadi seorang PNS tentu akan mendapatkan gaji bulanan dan gaji 13 atau THR, gaji 14 yang nilainya jauh diatas nilai UMR. Demikian juga PNS akan mendapatkan berbagai tunjangan seperti tunjangan kinerja.

2. Tidak ada PHK jika menjadi PNS . Yang ada hanyalah pemecatan jika melanggar aturan , pengunduran diri atau pensiun dini atas kehendak pribadi PNS sendiri.

3. Saat purnabakti atau pensiun masih mendapatkan gaji 80% dari gaji pokok. Gaji ini akan terus didapatkan sampai saat pensiunan PNS meninggal dunia.

4. Tunjangan anak dan istri. Secara otomatis gaji PNS akan bertambah jika sudah berumah tangga dan mempunyai anak maksimal 2 orang.

5. Bisa meminjam uang dibank dengan mudah. Fasilitas kemudahan kredit bank ini dimiliki PNS hanya dengan menggunakan SK pangkat untuk agunannya.

6. Kesempatan sekolah yang lebih tinggi bisa Anda dapatkan baik dengan biaya pribadi maupun kedinasan. Namun sesuai aturan PNS jika ingin sekolah lagi diperbolehkan namun harus sesuai aturan yang berlaku.

7. Anda bisa berpindah dari satu instansi ke instansi lain bahkan bisa berpindah dari satu kota, provinsi di seluruh indonesia jika dibutuhkan. Hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin menjadi PNS.

8. Jam kerja 37,5 jam dalam seminggu, jika dirata rata dalam 6 hari kerja , Jam kerja PNS adalah 6,5 jam. JIka PNS masuk kerja jam 08.00, maka jam keliuarnya adalah 08.00 + 6,5 jam sama dengan jam 14.30. Jika ditambah dengan jam istirahat masih jam 15.30.

Bagi Anda yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara (ASN), pemerintah dipertengahan September 2018 akan membuka lowongan penerimaan Pegawai Negeri Sipil.
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari siaran pers BKN Nomor 021/RILIS/BKN/IX/2018 bahwa Penerimaan akan dimulai tanggal 19 September 2018 dengan 238.015 lowongan dengan rincian 51.271 adalah instansi pusat dan 186.744  lowongan diinstansi daerah.
Penerimaan CPNS 2018 akan menguji kemampuan dan kompetensi pelamar menggunakan ujian tertulis berbasis komputer (CAT BKN) .Kompetensi yang diuji diantaranya kompetensi Dasar dan Kompetensi Bidang




Persyaratan yang dibutuhkan seperti yang tertulis dalam siaran ers tersebut tidak boleh memberatkan pelamar. Namun berdasarkan pengalaman tahun tahun sebelumnya adalah :
  1. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip nilai yang dilegalisir
  2. Fotocopy akreditasi kampus dilegalisir dari BAN PT
  3. Fotocopy KTP
  4. Pas foto 4x6 sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah.

Semua persyaratan di scan dan dikirimkan ke situs sscn.bkn.go.id. Aamat ini aktif mulai tanggal 19 September 2018.
Sedangkan untuk pelamar dengan lowongan D3  dan SMA wajib menyertakan fotocopy ijazah SD, SMP, SMA atau ijazah terakhirnya dan materai 6000
Silahkan dipersiapkan mulai sekarang semoga cita cita Anda tercapai menjadi seorang abdi negara.

Antusiasme pelamar CPNS 2018 saat ini sangat besar, terbukti sampai dengan hari ke 5 masih banyak pelamar yang belum bisa mengakses situs CPNS. Jika sampai saat ini Anda masih belum bisa mengakses situsnya Anda bisa melakukan pendaftaran dinihari dari jam 02.00 - 04.00 .Ingat batas akhir pendaftaran hanya sampai pada tanggal 10 Oktober 2018.


Bantu Blogger Berkreasi : Cukup dengan baca artikel, ambil info manfaatnya dan jangan diduplikasi dengan mencopy paste artikel ke blog lain. Jika sobat menginginkan artikel dari saya, silahkan menghubungi melalui contact.
Buka Komentar