Indahnya Pulau Angso Duo Dan Lembah Anai Sumatera Barat

Indahnya Pulau Angso Duo Dan Lembah Anai Sumatera Barat

Ads
Mengulas wisata di Sumatera Barat sepertinya tidak pernah selesai untuk diceritakan baik wisata pantai, pegunungan , air terjun dan berbagai wisata alam lainnya. Disamping kondisi geografis wilayah Sumatera Barat yang berada di antara bentangan bukit barisan dan pantai barat, kondisi penduduk lokal yang sangat mendukung perkembangan wisata di daerah ini.

Beberapa waktu lalu sebuah perjalanan wisata dilakukan oleh rombongan wisata  oleh beberapa keluarga alumni SMK Yaspi Medan Labuhan menggunakan jalur darat. Dua tempat wisata yang sempat disinggahi adalah Pulau Angso Duo dan Lembah Anai.

Pulau Angso Duo


Pulau Angso Duo merupakan salah satu dari enam pulau-pulau kecil yang dimiliki oleh Kota Pariaman yang sangat terkenal kemolekannya dan nilai sejarah yang tersemat di dalamnya. Tidak heran, bila banyak wisatawan yang ingin menikmati  pesonanya. Bukan hanya dari turis lokal namun tapi dari turis asing  juga ramai datang ke pulau ini.

Indahnya Pulau Angso Duo Dan Lembah Anai Sumatera Barat

Menuju pulau ini dapat dimulai dari dermaga Pantai Gandoria yang mengadap langsung dan terlihat jelas sekali. Trasnportasi yang digunakan berupa kapal perahu nelayan atau juga perahu wisata dengan muatan maksimal 30 penumpang yang telah standby menanti pengunjung untuk mengantar ke seberang pulau ini. Tiket masuk ke pulau gratis namun kita dikenai membayar jasa kapal resmi dengan tarif sebesar Rp 40.000 per orang. Itu untuk jasa kapal pergi-pulang, retribusi daerah dan termasuk asuransi loh.

Jarak dari  Pantai Gandoriah ke Pulau Angso Duo sekitar 1,9 mil. Sedangkan waktu paling akhir penyeberangan menuju Pulau Angso Duo pada pukul 15.00 WIB dan untuk pulangnya pukul 18.00 WIB. 

Lembah Anai

Indahnya Pulau Angso Duo Dan Lembah Anai Sumatera Barat

Lembah Anai adalah bagian dari maskot pariwisata di Sumatera Barat. Lembah Anai juga disebut dengan  Aia Mancua Lembah Anai. Diatas ketinggian 35 meter, Aiir terjun Lembah Anai memancarkan air yang jernih yang berasal dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai,

Sebenarnya tidak hanya satu air terjun saja disini. Dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Para wisatawan yang ingin menyaksikan dua air terjun tersebut bisa menjelajahi perjalanan sekitar 20 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai.

Tak hanya indahnya air terjun, Lembah anai juga dilewati lintasan kereta api wisata sehingga menambah pesona Lembah Anai yang penuh eksotik.

Setelah banjir melanda Lembah Anai beberapa waktu lalu, saat ini terus berbenah untuk mengembalikan geliat wisata di tempat ini, karena letaknya di pinggir jalan merupakan objek wisata alam yang patut disinggahi oleh para pengendara bila melintasi Jalan Padang-Bukittinggi. Suasana alamnya sejuk, airnya dingin dan berada persis di tepi jalan membuat objek wisata ini cocok dijadikan tempat melepas penat bagi para pengendara yang telah menghabiskan banyak waktu di perjalanan

Beruntung, blog sederhana ini mendapatkan video perjalanan wisata secara ekskusifnya dan saya upload dichannel youtube. Video berdurasi 30 menit melakukan perjalanan darat mengunjungi beberapa tempat wisata di Sumatera Barat dan tempat tempat lainnya yang disinggahi silahkan ditonton videonya diatas, jangan lupa untuk SUBSCRIBE YA !!!



Demikian , My Trip My Adenture. 

Baca juga:

Advertisement
3:20 PM
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments