Skip to main content

follow us


Bagi blogger, mengisi konten utama di blog adalah pengalaman ngeblog. Bagi saya ngeblog yang penting adalah menulis dengan tulisan hasil karya sendiri , pembaca yang akan menilai bermanfaat atau tidaknya. Jika bermanfaat akan mendatangkan banyak trafik demikian juga sebaliknya. Nah, pada tulisan saya kali ini, saya akan mengupas pengalaman saya selama 2 tahun ngeblog. Dibilang sukses saya sudah menghasilkan 5 juta lebih dari akun Adsense US hasil dari buatan sendiri walaupun diawal Agustus 2018 lalu terkena badai hingga dibanned tanpa alasan walaupun selama ini saya sudah mematuhi segala peraturan yang dibuat Google. Alasan itu pula yang saya gunakan untuk banding, namun menurutnya banned ini sudah final dan tidak bisa dikembalikan lagi akhirnya saya menyerah.

Belakangan saya ketahui ternyata google lagi update algoritma secara mayor sehingga akun Adsense milik saya dianggap menyalahi aturan.

Mengapa blogger terus berusaha menggunakan Google adsense sebagai penghasilan utama dalam ngeblog walaupun persyaratan untuknya sangat ketat ? Sepanjang yang saya tahu Google Adsense merupakan program periklanan yang paling konsisten membayar. Berapapun pendapatan blog dari Adsense tidak pernah tertunggak atau pending dan tetap dibayar tepat waktu sepanjang memenuhi syarat dan ketentuannya. Selain itu blog yang dipasang iklan Adsense mempunyai nilai jual tinggi atau punya kredibilitas dimata pengunjung. Adsense menginginkan artikel artikel yang berkualitas dan bermanfaat .

Tidak banyak yang bisa saya bagi dari cerita ini karena saya juga masih newbie, namun beberapa poin dibawah ini bisa menjadi sedikit pencerahan : 

  1.  Jika hanya coba coba, Adsense cukup jadi pengalaman dan jangan jadi penghasilan utama.
  2. Buat akun adsense lebih dari satu walaupun sebenarnya Google melarang keras. Saya membuatnya melalui nama saudara, orang tua, tetangga, famili yang mempunyai KTP.
  3. Menurut saya ada 2 kriteria untuk artikel blog berkualitas. Pertama artikel yang bertujuan untuk approve google adsense dan yang kedua adalah artikel dengan tujuan mendapatkan trafik berlimpah. Dengan 2 sasaran berbeda tersebut saya bisa fokus pada approve google adsense dulu baru artikel jenis kedua. 
  4. Untuk mendapatkan trafik saya tidak pernah share blog maupun artikel blog di grup grup blogger yang saya ikuti untuk menjaga keamanan dari aksi blogger nakal yang usil seperti copas artikel, AGC atau bom klik. Trafik hanya saya harapkan datang dari google dengan memaksimalkan onpage maupun offpage SEO semampu saya.
  5. Menulis artikel original sesuai dengan passion, kontinyu dan terjadwal. Waktu saya sesuaikan agar tidak menggangu kerja. Ide bisa didapat darimana saja namun harus meramunya menjadi atrikel yang enak dibaca dan buat menjadi ciri khas blog .
Kesulitan yang saya alami adalah menginterpretasikan aturan dan ketentuan google yang kadang masih rancu. Aturan yang dibuat sudah kita taati sesuai ketentuan namun sering dianggap menyalahi aturan ya akhirnya "didiskualifikasi". Begitulah resikonya jika kita ingin menjadi mitranya Google. Namun secara perlahan saya akan memperbaikinya dengan memulainya kembali dari blog ini.

Karena ngeblog bukan penghasilan utama, saya tidak terlalu fokus didepan laptop, cukup 2 jam sehari membuat artikel. 1 jam saya gunakan untuk memantau trafik, kesehatan blog dan menambah backlink. Jadi total 3 jam sehari paling lama.

Bagi saya ngeblog sebagai sampingan punya keuntungan diantaranya :

1. Jam kerja di pekerjaan utama tidak terganggu bahkan dengan pekerjaan sebagai pengajar, bisa mendukung pekerjaan utama seperti beberapa pengalaman saya dalam mengajar saya tulis di artikel ini.

2. Tidak terikat waktu dan tempat. Kapanpun dan dimanapun saya bisa membuat artikel sepanjang ada jaringan internet. Jika lagi berada diluar, saya ngeblog menggunakan smartphone. Aplikasi blogger mobile bisa diunduh di Playstore untuk menulis artikel. Jika sudah selesai bisa diedit saat sudah berada dirumah.

3. Saat Google adsense semakin ketat memfilter mitranya. Tidak ada jaminan akun Google Adsense kita aman sepanjang waktu. Walaupun halaman blog tidak ada pelanggaran namun bayang bayang banned akun bisa datang dari pengunjung dengan niat jahat.

4. Jika suatu saat blog tidak mendapatkan penghasilan sama sekali, setidaknya kita masih bisa membiayanya untuk memperpanjang domain dan hostingnya.

Bagi Anda yang mungkin punya modal untuk membeli akun Adsense, artikel, optimasinya atau bahkan mampu membeli blog yang sudah jadi dengan jumlah ribuan pengunjung, hal ini tidak jadi masalah namun jika masih mengandalkan dana pas pasan saya yakin akan berpikir 2 kali untuk menjadikan penghasilan utama jika anda masih seorang newbie.

Bagaimana dengan Anda, masihkah mengandalkan Google Adsense sebagai penghasilan utama ? Baik yang pro maupun kontra, silahkan berkomentar dibawah 
Bantu Blogger Berkreasi : Cukup dengan baca artikel, ambil info manfaatnya dan jangan diduplikasi dengan mencopy paste artikel ke blog lain. Jika sobat menginginkan artikel dari saya, silahkan menghubungi melalui contact.
Buka Komentar