Skip to main content

follow us


Urusan yang berhubungan dengan menyusun berkas dan antri biasanya bagi orang yang tidak mempunyai waktu sangat menjengkelkan dan melelahkan. Sehingga sering orang menggunakan orang ketiga atau dalam istilah yang lebih populer disebut dengan calo dalam urusan seperti ini. Tak terkecuali berurusan dengan Perpanjangan STNK.

STNK adalah lembar surat pengesahan kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat, roda enam, roda delapan dan seterusnya oleh kepolisian. Didalam STNK memuat spesifikasi detil jenis kendaraan kita dan kapan tanggal pengesahannya. Setiap 5 tahun STNK perlu diperbarui untuk mencek kedaan kendaraan, jika masih sesuai maka akan diberi TNKB atau plat nomor baru, namun jika kendaraan berbeda dari spesifikasi STNK atau dimodifikasi, pemilik harus melakukan uji ulang di dinas Perhubungan dengan menyertakan keterangan bengkel lalu registrasi ulang di samsat

Bagi sobat yang akan mengurus Perpanjangan STNK 5 tahunan, jangan buru buru alergi dengan antri dan menyusun berkas dan mondar mandir kesana kemari. Semuanya bisa kita lakukan sendiri, toh banyak orang atau petugas yang siap membantu jika kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Nah, pada artikel ini saya akan berbangi pengalaman saya saat mengurus perpanjangan STNK di samsat Medan Utara, karena tempat pengurusan STNK saya berada di Samsat ini.

Keuntungan mengurus sendiri STNK adalah bisa menekan biaya karena kita tidak membutuhkan orang lain atau biro jasa untuk membantu pengurusannya. Selain itu juga kita menjadi lebih pengalaman dalam urusan pemberkasan STNK. Mengurus sendiri STNK juga membuat kita lebih merasa aman tanpa ada rasa kehawatiran mendapatkan STNK Palsu atau berkas yang disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.


Sebelum pengurusan perpanjangan STNK sebaiknya pahami betul apa yang harus dipersiapkan, alur  dan hal hal yang remeh padahal sangat penting saat kita mengeksekusinya. Untuk itu sehari sebelum mengurus perpanjangan STNK, baca dan pahami  dulu detilnya dari internet. Jika sobat ingin mencoba cara saya yang hanya membutuhkan waktu 2 jam saja untuk menyelesaikan urusan ini. Namun syaratnya adalah mobil/ motor yang akan diperpanjang STNK atas nama sendiri, karena ini pengalaman yang saya lakukan, berikut selengkapnya : .



Sebelum mengikuti alurnya, bahan bahan yang harus disiapkan diantaranya :
  • KTP sendiri asli dan fotocopy 3 - 4 lembar , sisanya untuk jaga jaga.
  • STNK yang akan diperpanjang sesuai dengan nama KTP, di fotocopy 3-4 lembar sisanya untuk jaga jaga.
  • Pajak Tahunan (tahun ke-5) asli sesuai dengan nama KTP, di fotocopy 2-3 lembar sisanya untuk jaga jaga.
  • Buku pemilik kendaraan bermotor asli (Di Medan di sebut dengan Buku Hitam), fotocopy bagian yang ada nama kita dan plat nomornya. 2-3 rangkap sisanya untuk jaga jaga.
  • Persiapkan pulpen untuk mengisi formulir.
  • Siapkan uang untuk membayar perpanjangan STNK dan Pajak, dan pecahan 5000 atau 10.000 untuk hal hal yang tidak terduga selama pengurusan. 
Nah sekarang tiba saatnya mengikuti prosesnya :

Agar urusan cepat selesai usahakan datang lebih pagi, sebelum jam 8 sudah standby di tempat ya sob. Kemudian langsung bawa kendaraan kebagian cek fisik, disini yang harus sobat lakukan adalah mengambil formulir cek fisik dengan menunjukkan STNK, Buku Hitam dan KTP, jangan lupa bukti asli yang ditunjukkan tadi dibawa kembali sob karena banyak yang menunjukkan buktinya namun di loket ini di tinggal begitu saja. Setelah formulir didapat dan lembar cek fisik sudah dilakukan. Saatnya sobat menyusun berkas untuk perpanjangannya. Loket loket tempat untuk penurusanya sobat bisa bertanya pada petugas kepolisian yang ada disitu. Untuk urusan ini sobat mengambil kembali formulir isian perpanjangannya dengan menunjukkan bukti cek fisiknya. Ada 2 form yang harus diisi. Ada 2 hal pokok yang sobat harus selesaikan ditahap ini yaitu mengisi kedua formulir tersebut dan menyusun berkasnya sesuai dengan keinginan loket pendaftaran perpanjangan STNK. Jika tidak mau repot repot ada petugas (bukan calo) yang siap membimbing sobat untuk melakukan ini. Namun jika ingin mereka yang mengerjakannya, sobat bisa memberinya tips seikhlasnya.

Nah sampai disini urusan yang krusial sudah selesai. Tinggal menyerahkannya ke loket pendaftaran perpanjangan STNK 5 tahun. Ingat sob, banyak loket disana, jika tidak tahu tanya saja dimana loket tempat perpanjangan STNK. Setelah diserahkan sobat bisa menunggu sebentar untuk dipanggil melalui mic untuk mendapatkan tanda terima pendaftaran. Setelah mendapat tanda terima, cari loket untuk membayar perpanjangan STNK. Bayarlah uang perpanjangan STNK sesuai nominal yang tertera di tanda terima tersebut. Setelah dibayar, tinggal ngopi dulu..eh jangan ditinggal jauh jauh ya. Lokat pengambilan STNK dan TNKB (Plat Nomor) sudah menunggu kamu. Jika saya hitung mulai pendaftaran sampai selesai hanya 1,5 jam saja sedangkan dari cek fisik sampai selesai hanya butuh waktu 2,5 jam saja. 

Samsat Online


Saat ini Kepolisian dan Dinas Pendapatan sudah menerapkan layanan Samat secara online. Samsat online sangat cocok bagi Anda yang sibuk karena tidak terlalu merepotkan dan dijamin waktu Anda tidak tersita. Namun samsat online hanya bisa mengurus pajak tahunan saja, tidak untuk mengurus perpanjangan STNK. Bahkan beberapa gerai juga buka dihari minggu.

Nah, sudah saatnya Anda mengurus STNK sendiri tanpa calo, tanpa perantara, yang penting lengkapi berkas yang diminta. Demikian cara melakukan pembayaran pajak STNK milik sendiri
Oldest Post
Bantu Blogger Berkreasi : Cukup dengan baca artikel, ambil info manfaatnya dan jangan diduplikasi dengan mencopy paste artikel ke blog lain. Jika sobat menginginkan artikel dari saya, silahkan menghubungi melalui contact.
Buka Komentar