23 Tempat Wisata Air Terjun Di Lampung Yang Wajib Anda Kunjungi

23 Tempat Wisata Air Terjun Di Lampung Yang Wajib Anda Kunjungi

Ads
Khanjadi Blog | Lampung merupakan pintu gerbangnya Pulau Sumatera atau gateway of Sumatera. Traveler yang ingin menjelajah bumi Sumatera jangan sampai melewatkan Provinsi Lampung. 23 Air terjun di lampung ini mewakili betapa indahnya pesona wisata alam air terjun yang sebagian berada di kaki deretan bukit barisan sebagai ciri dari lokasi Air terjun di Sumatera. Jangan lupa lokasi Air terjun di Sumatera lainnya yang bisa Anda kunjungi seperti di Sumatera Barat, Pekanbaru dan Medan

1. Air Terjun Cicurug /Sarmun



Air Terjun Cijuet berada di desa Cugung Kecamatan Rajabasa kabupaten lampung Selatan. Lokasinya bisa ditempuh berjarak sekitar lima belas kilometer dari pelabuhan Bakauheni dan tiga puluh kilometer dari Kalianda dengan waktu tempuh satu hingga dua jam. Menuju air terjun tersebut wisatawan harus berjalan sekitar 500 meter dari jalan Desa Cugung. Namun, kondisi jalan yang belum lebar dan jalan paving yang mulai amblas dan retak di beberapa titik dan jalan paving juga tidak sampai ke lokasi air terjun.

2. Air Terjun Way Tayas



Air terjun Way Tayas berada di Dusun Pangkul Desa Sukaraja Kecamatan Kalianda lampung Selatan. Untuk mencapai air terjun ini, perjalanannya tidak terlalu sulit. Dari Kota Kalianda bisa mengambil arah kawasan wisata yang melewati pantai hingga menemukan tanda memasuki Kawasan Gunung Rajabasa yang letaknya di Sungai Way Tayas. Dari tanda tersebut terus saja hingga memasuki jalan berbatu. Bisa juga bertanya pada warga setempat.

3. Air Terjun Way kalam


Air Terjun way kalam berlokasi di Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini tampak semakin eksotis dengan dikelilingi tebing bebatuan yang melingkar dan pepohonan di yang masih rimbun. Cipratan air terjun yang jatuh menimpa bebatuan di bawahnya membuat tubuh kita yang berbalut baju menjadi basah. Disana kita bisa berselfi ria dan berenang sepuasnya.Di lokasi ini juga telah dilengkapi saung dan tempat ganti pakaian.

4. Air Terjun Ciupang



Air Terjun Ciupang berada di Desa Purwajaya, Pekon Sumberjaya, Kec. Padang Cermin Kab. Pesawaran Air terjun itu dipilih karena akses masuknya yang tidak begitu sulit dan dekat, namun panorama yang ditawarkan sangat indah. Untuk menjangkau air terjun itu, dibutuhkan perjalanan sekitar dua jam dari Kota Bandar Lampung, dengan berkendara sepeda motor ataupun mobil.terdapat beberapa kincir air yang dijadikan sumber pembangkit listrik warga setempat, serta selang-selang paralon panjang yang mengalir di sepanjang tepi sungai.


5. Air Terjun Sinar Tiga



Air terjun Sinar Tiga  yang terletak di dusun Sinar Tiga Desa Harapan Jaya Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, indah dan tinggi. Debit air terjun ini tidak begitu besar tetapi karena jatuh dari ketinggian sekitar 20an meter ini sehingga menampilkan suasana cukup indah dan sejuk.


6. Air Terjun Way Lalaan



Lokasi Air terjun Way Lalaan ini mempunyai 2 dua air terjun. Warga sekitar memberi nama Air Terjun Way Lalaan 1 yang terletak di atas dan Air Terjun Way Lalaan 2 yang terletak bawah.Lokasinya terletak di Desa Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung. Berjarak kurang lebih sekitar 8 Km dari Kotaagung, ibukota Kabupaten Tanggamus atau 80 Km (1,5 jam) dari Kota Bandar Lampung. Untuk mencapai air terjun ini dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan berkendaraan roda dua pada kecepatan sedang dari Batu Keramat ke Pekon Way Lalaan. Selanjutnya Anda masuk ± 300 m dari sisi kiri jalan raya lintas Barat Sumatera  –  Bandar Lampung ke Kota Agung hingga pintu gerbang.

7. Air Terjun Lembah Pelangi Ulu Belu



Air Terjun Ulu Belu berada di Pekon Sukamaju Ulu Belu, Tanggamus, Lampung. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun terindah dan terbaik di Lampung, perjalanan ke Ulubelu memakan waktu lebih kurang 4 Jam dari Kota Bandar Lampung. dengan mengendarai kendaraan pribadi atau angkutan umum.
 .

8. Air Terjun batu Lapis



Air terjun Batu Lapis terletak di Pekon Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung, Tanggamus. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60-75 meter ini sekarang mulai banyak didatangi para wisatawan, baik lokal, luar Lampung dan luar Pulau Sumatera.Nama air terjun batu lapis belum se-familiar wisata air terjun Way Lalaan yang ada di Kecamatan Kota Agung Timur dan air terjun Lembah Pelangi yang ada di Kecamatan Ulubelu. Tapi soal keasrian, air terjun Batu Lapis juga menyuguhkan pemandangan alam yang masih alami dan terjaga


9. Air Terjun Batu Putu



Air Terjun batu Putu berlokasi di Jl. Wan abdul rahman desa Btu Putu Kec. Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung.Letaknya yang tak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung yang hanya membutuhkan waktu 15 menit dan juga tak jauh dari Tanjung Karang yang menempuh waktu 20 hingga 30 menit ini memang menjadi primadona karena letaknya yang mudah dilalui.

10. Air Terjun 7 Tingkat Pagelaran utara



Air Terjun ini berada di sekitar Pagasan, Girimulyo Pagelaran Utara Pringsewu, lokasi ini masih asri dan sejuk.Akses menuju ke air terjun curug 7 membutuhkan waktu sekiranya satu jam dari kota Bandar Lampung. Untuk menuju tempat ini sangat mudah dan jalannya tidak terlalu terjal.

11. Air Terjun Sukaemi



Air Terjun Sukaemi terletak di Desa Karang waringin Kecamatan Tanjung raja Kabupaten Lampung Utara. sekitar 42 km dari Kotabumi Lampung Utara. Untuk menuju lokasi air terjun ini harus melalu dan melewati jalan yang cukup terjal dengan sudut kemiringan hingga 35 s.d 45 derajat, cukup menantang bukan bagi orang yang berjiwa petualang.

12. Air Terjun Klawas



Air Terjun Curup Indah Klawas berada di Dusun Gunung Klawas, Desa Pekurun, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Lokasi wisata tirta ini berjarak sekitar 22 kilometer dari Ogan Lima, atau sekitar 30 kilometer dari Kotabumi.  Sepanjang perjalanan wisatawan juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah. Perjalanan ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor


13. Air Terjun Putri Malu



Air Terjun Putri Malu letak tepatnya di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan. Konon, air terjun ini disebut Putri Malu karena air yang mengalir ke bawah berbentuk melengkung yang menyerupai punggung manusia yang sedang mandi, hal tersebut yang menjadikan air terjun ini diberi nama Putri Malu.

14. Air Terjun Kinciran



Curug Kinciran berada di Kampung Bengkulu Tengah kecamatan Gunung Labuhan.
20. Air Terjun Curup Gangsa

15.Air Terjun Bukit duduk



Di dekat air terjun Puteri Malu ada air terjun yang tak kalah indahnya. Dengan sedikit berjalan dalam waktu 15 menit, kita sudah bisa menjumpai air terjun Batu Duduk. Tersembunyi di antara rimbunnya pepohonan. Aliran airnya kecil, tidak sederas Putri Malu.

16. Curup Gangsa


Curup Gangsa. Berada di Kecamatan Kasui, bisa kamu tempuh dalam satu jam dari simpang Blambangan Umpu. Niatkan hati kalau mau kemari, karena kita harus melewati jalan yang belum bagus. Kalau kira-kira bakal ngedumel, lebih baik urungkan niat kemari.
Curup Gangsa itu sebenarnya berada di ujung aliran pengairan untuk pesawahan. Dinding tebingnya lumayan lebar (sekitar 20 meter) dan tinggi (sekitar 50 meter). Keliling Lampung baru sekali kemari. Ingin datang lagi untuk memotret dengan suasana berbeda.

17. Curup anggal



Berada di Dusun 8 Talang Kisam, Desa Suka Negeri, Kecamatan Gunung Labuhan. Dari jalan lintas Sumatera (dari arah Bandar Lampung) kita belok kiri, sekitar 2 km setelah rest area di perbatasan kabupaten. Dari Dusun 8 Talang Kisam kita bisa minta antar warga lokal ke curup Anggal. Atau bisa juga jalan kaki sejauh 2 km. Medannya tidak terlalu berat.

18. Curup Sembilan



Berada di Kampung Talang Sembilan, Desa Sukajadi, Kecamatan Kasui.

19. Air terjun Semarang/ Kayu Agung



Air Terjun Semarang berada di dekat RW Semarang. Tepatnya di Desa Bhakti Negara, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan. Ada juga yang menyebutkan dengan nama air terjun Kayu Agung. Karena di sekitar air terjun ini ada sekitar 15 kepala keluarga yang menamakan kampunya dengan nama kampung Kayu Agung pada tahun 1970an.

20. Curup Pinang Indah



Curup Pinang Indah berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Rebangtangkas. Memiliki tinggi sekitar 15 meter, air terjun ini terlihat cantik. Terbentuk dari aliran sungai yang cukup besar. Airnya jernih, kalau tidak hujan.

21. Curup ranggal / Kedaton


Curup ranggal berada di kampung Kedaton, Kecamatan Kasui.

22. Air Terjun cangkah Kidau



Air terjun yang masih berada di Kedaton kecamatan Kasui ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Juntaian airnya begitu indah mengikuti bentukan bebatuan bertingkatnya.

23. Curup Selampung


Terletak di Dusun Olak Nila, Desa Gunung Betuah, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara, Propinsi Lampung. Air terjun Curup Selampung terditi dari dua buah air terjun. Yang pertama memiliki ketinggian terjun sekitar 12 m, dengan lebar penampang air sekitar 15 m, dan di bawah air terjun ini terdapat goa, dengan kedalaman air sekitar 7 m. Yang kedua ditemukan oleh alm. Selampung dari desa Negara Sakti, kecamatan Pakuon Ratu pada tahun 1937, dan memiliki ketinggian terjun sekitar 20 m, dengan lebar penampang air sekitar 3 m.


Baca juga:

Advertisement
8:08 PM
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments