37 Tempat Wisata Alam, Pemandian Alam, Sumber Mata Air, Pemandian Air Panas, Air Terjun Di Sekitar Dekat Kota Surabaya Malang Sidoarjo Mojokerto Pasuruan Jawa Timur

37 Tempat Wisata Alam, Pemandian Alam, Sumber Mata Air, Pemandian Air Panas, Air Terjun Di Sekitar Dekat Kota Surabaya Malang Sidoarjo Mojokerto Pasuruan Jawa Timur

Ads
Khanjadi | Wisata alam , pemandian maupun air terjun di Jawa Timur yang dekat dengan kota Surabaya  umumnya berasal dari air yang bersumber dari Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Malang merupakan daerah yang paling mendominasi wisata Alam dengan jangkauan terdekat dari Kota Surabaya. Disamping Alam yang dingin, Malang juga menyimpan berbagai pesona wisata di Jawa Timur. Selain itu Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo dan beberapa tempat lainnya seperti Kediri. Selain itu juga banyak tempat wisata alam maupun air terjun di samping beberapa tempat lainnya yang masih bisa di jangkau dari ibukota Jawa Timur. 

Bagi Sobat traveler, berikut ini adalah 40 Destinasi wisata alam, pemandian alam, sumber mata air, air terjun dan beberapa wisara menarik seperti desa wisata maupun agro wisata yang dekat dengan kota Surabaya , silahkan disimak :

1. Wisata Alas Prambon

 Alas Prambon adalah tempat wisata perkemahan, outbound dan berbagai permainan edukasi alam lainnya . Letaknya di Dusun Ngingas , Ds.Simpang RT.14 RW 03 Kec.Prambon Sidoarjo . Tempat outbound dan edukasi ini masih alami bernuansa bambu hijau , berhawa sejuk dan dikelilingi sawah. Harga tiket masuk alas prambon hanya Rp.5000

Alas Prambon memiliki sejumlah fasilitas yang cukup memadai meliputi permainan outbound , pertanian, peternakan, perikanan, kolam renang, kamar mandi, mushola, kolam lumpur, dll. Alas Prambon melayani outbound tingkat PG ,TK ,SD , SMP sampe SMA .

Berbagai fasilitas dan wahana wisata Alas Prambon diantaranya :

1.Penjemputan Kereta Kelinci
2.Ice Breaking + Fun games
3.Flying Fox
4.Merangkak
5.Langkah lebar
6.Spiderweb ( jaring laba-laba )
7.Jembatan Birma
8.Jaring Merayap
9.Jaring titian
10.Line bridge
11.Edukasi perikanan
12.Edukasi peternakan
13.Edukasi pertanian
14.Menangkap ikan ( Khusus PG TK )
15.Bermain Lumpur ( Khusus SD SMP SMA )
15.Renang
16.Makan siang


2. Wonosari Argo Tourism

 Sumber : iqbalazhari.com

 Objek Wisata Agro Kebun Teh Wonosari Lawang Malang Jawa Timur salah satu tempat wisata alam yang bisa kamu jadikan alternatif wisata lain seperti pantai, air terjun bahkan wana wisata modern dan edukatif. Bertempat pada lereng Gunung Arjuno di ketinggian antara 950-1.250 MDPL dengan luas area sekitar 1.144 hektar ini telah menjadi kebun teh pertama di Jawa Timur yang kemudian dijadikan tempat wisata.
 Jalan menuju agro wisata Kebun Teh Wonosari Malang ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Ini rute menuju objek wisata Agrowisata Wonosari menggunakan kendaraan umum:

    Kendaraan Umum: Anda bisa menggunakan angkutan umum dari kota Malang ke arah Surabaya yang akan melewati terminal Lawang > setelah turun di terminal Lawang, naiklah angkutan yang khusus menuju Wonosari. Walaupun medannya menanjak dan berkelok-kelok, namun jalanya sudah cukup bagus. Jika datang bersama dengan rombongan, Anda bisa carter kendaraan yang ada di terminal tersebut.

    Kendaraan Pribadi : Cukup ikuti jalur utama Surabaya-Malang yang berada kurang lebih 80km sampai ke kota lawang. Berikutnya kamu cari petunjuk untuk berbelok kanan meuju kebuth teh wonosari. Sebaliknya jika kamu dari arah kota malang, tinggal menuju ke utara kurang lebih 30km dan selanjutnya berbelok ke arah kiri menuju ke lokasi.

Jam Buka: setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk:
  • Senin sampai dengan Sabtu: Rp. 8.000,-/orang
  • Minggu dan Libur Nasional: Rp. 12.000,-/orang
Harga Permainan :
  • Kereta Kelinci: Rp.5.000,-
  • Kendaraan ATV: Rp.50.000,-
  • Flying Fox: Rp.20.000,-
  • Wall Climb: Rp.10.000,-
  • Paint Ball: Rp.30.000,- hingga Rp.175.000,-
  • Sepeda Air: Rp.15.000,-
  • Sepeda Gunung: Rp. 15.000,-
  • Kuda Wisata: Rp. 20.000,-
  • Mobil Baterry: Rp. 10.000,-
Aktifitas :
  • Kamu bisa lihat proses pengolahan daun teh dari masa panen > penerimaan pucuk teh > proses pelayuan > proses penggilingan > fermentasi > pengeringan > sortasi > pengepakan.
  • Tea walk dalam area wisata.
  • Fasilitas sepak bola, tennis, volley sampai jogging untuk berolahraga
  • Berenang di kolam renang hangat.
  • Melihat koleksi hewan di kebun binatang mini.
  • Menyewa kawasan ini untuk acara preweding bahkan persepsi pernikahan yang
  • bertema kebun.
  • Berbelanja tanaman dan bunga hias.
Fasilitas
  1. Hotel atau Penginapan
  2. Rumah Makan
  3. Toilet Umum
  4. Tempat Parkir
  5. Toko Souvenir atau Oleh-oleh

3. Ait Terjun Coban Kethak

 Aliran Coban Kethak merupakan aliran Sungai Lanang yang bermuara hingga ke Kediri. Air terjun cantik ini berada di Desa Pait, Kecamatan Kesambon, Malang, Jawa Timur.

Coban Kethak sudah dibuka sebagai destinasi wisata unggulan di Malang sejak tahun 2014. Sepanjang perjalanan, Anda akan mendapati sejumlah tumbuhan dan pepohonan yang rimbun. Beberapa diantaranya merupakan pohon durian yang merupakan koleksi pohon perhutani

Wisata Coban Kethak memang dikenal juga sebagai sentra penghasil durian Kesambon. Anda juga bisa mendapatkan durian khas Kesambon di sepanjang jalan utama antara Batu, hingga Kediri.

Tiket masuk wisata Coban Kethak sangat terjangkau, hanya lima ribu rupiah per orang. Fasilitas wisata yang ditawarkan sudah sangat lengkap mulai dari gazebo yang bisa digunakan untuk piknik, hingga fasilitas permainan untuk anak-anak.

Warga sekitar menjuluki air terjun ini dengan nama "Grojogan Singo" yang berarti air terjun Singa. Warga menyebutnya demikian karena tumpahan air terjun ini terbelah oleh sebuah batu sehingga terlihat seperti kepala Singa yang memiliki surai yang lebat. Terlebih lagi, kepala Singa merupakan simbol Aremania, penggemar klub sepak bola Arema Cronus Malang.

4. Pemandian Sumber Mata Air Jenon

Pemandian Sumber Jenon sendiri berada di kawasan Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Mata Air Sumber Jenon ini sangat jernih, dilengkapi dengan pemandangan desa yang asri, serta warna airnya yang hijau kebiruan menjadikan daya tarik tersendiri obyek wisata ini. Ditambah lagi dengan kondisi alamnya yang masih sangat asri dan alami. Sumber airnya sendiri berasal dari pegunungan di kaki Gunung Ronggo. Begitu jernihnya hingga bisa melihat dasar sumber yang cukup dalam dan juga ikan-ikan yang lalu lalang di dalamnya. Yang menjadikan Sumber Jenon semakin unik adalah adanya fosil akar pohon raksasa yang berada di dasar sumber dan saking beningnya air, akar tersebut bisa terlihat dari permukaan.

5. Sumber Mata Air Taman

Sumber Air Taman atau yang biasa di sebut dengan Wisata Sumber Taman merupakan sebuah destinasi wisata baru yang ada di kota Malang. Terletak di anatar dua desa yakni Desa Karangsuko dan Desa Brongkal, keduanya masih dalam satu wilayah kabupaten Malang. Ketika pertama kali datang ke Pemandian Sumber Taman ini akan disambut dengan keindahan dan keasrian rerimbunan pepohonan yang konon berusia ratusan tahun. Banyaknya pepohonan yang ada di sekitar area pemandian membuat suasana terasa sejuk dan menyenangkan karena terhindar dari teriknya matahari. Sumber mata airnya berasal dari dua batang pohon besar yang mengalirkan air yang melimpah. Jernihnya air membuat  bisa melihat dasar pemandian dengan sangat jelas. Area pemandian Sumber Taman sendiri cukup luas dengan kedalaman sekitar 1 – 1,5 meter dan luas sekitar 30 meter persegi. Selain sebagai tempat wisata, Sumber Mata Air Taman juga sering dijadikan tempat perkemahan maupun outbound.

6. Sumber Air Sirah, Gondanglegi

 Sumber Mata Air Sirah atau yang lebih hits dengan sebutan Sumber Sirah merupakan sebuah objek wisata alam yang kini sedang naik daun dan digandrungi kamu anak hits kekinian kota Malang. Sumber Sirah sendiri merupakan wisata pemandian air tawar yang sangat jernih dan masih alami. Terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Sumber Mata Air Sirah menawarkan surga bawah air yang indah. Hamparan tanaman air yang hijau nan eksotis seolah akan menyapa kamu yang mencelupkan dirinya ke dalam pemandian sumber ini. Bagi yang belum bisa berenang, tak perlu ceman karena di pemandian Sumber Sirah ini telah disediakan penyewaan pelampung. Sumber Sirah tak hanya memiliki pemandangan air yang indah, tetapi disana  juga bisa menikmati pemandangan di sekitar yang juga tak kalah indah dan masih sangat alami. Udara yang segar dan sejuk juga akan membuat  merasa betah berlama lama disana.

7. Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu merupakan salah satu air tejun menawan yang ada di kawasan Malang Raya atau lebih tepatnya berada di Desa Duwetkrajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Air di sumber pitu ini berasal dari mata air yang muncul dari tujuh titik yang hampir berdekatan. Yang menjadikannya unik, mata air ini berada di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung menyembur sebagai air terjun yang jumlahnya sangat banyak. Debit sumber air di Sumber Pitu mencapai 1.600 L/detik. Mengingat banyaknya sumber dan debit air yang keluar tersebut, kemungkinan mata air ini adalah sebuah sungai di bawah tanah. Perpaduan antara keindahan, kedamaian, tantangan, serta panorama yang ada di Sumber Pitu sungguh memikat siapa yang datang. Tujuh buah air terjun dengan tinggi mencapai 70 meter yang berada di tengah hutan menjadikan Air Terjun Sumber Pitu ini mempunyai keistimewaan tersendiri.

8. Sumber Mata Air Krabyakan

Terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, wisata pemandian Sumber Air Krabyakan merupakan sebuah mata air alami. Karena keindahan alamnya yang tidak tak bisa dianggap sepele, Sumber Krabyakan menjadi perbincangan akhir akhir ini. Keunikan dan daya tarik dari Sumber Krabyakan ini terletak pada sumber mata airnya yang dibentuk seperti kolam dan tersusun dari batu kali yang ditata melingkar di tepi kolam. Paduan kolam alami dan pemandangan sekitar yang masih terjaga dijamin memanjakan mata . Suara gemericik air sungai pun menambah kesejukan yang ditawarkan obyek wisata ini. Tak hanya itu, mata air yang mengalir deras di sejumlah anak sungai juga bisa dijadikan tempat bermain air yang nyaman dan menyenangkan. Di Sumber Krabyakan ini, akan menikmati lengkap dengan pemandangan sawah dan bukit yang menghijau serta udara yang masih segar. Kealamian panorama yang sangat jarang ditemukan ini bisa menjadi pelepas penat para Dolaners yang datang.


9. Sumber Mata air Kali Reco Sumber Waras

Tempat wisata alam sumber waras ini terletak di Desa Sumber Waras, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Nah mungkin ada yang bertanya berapa jarak dari kota malang ke Desa Sumber Waras ini?, anda hanya menempuh jarak kurang lebih 18 km dari Kota Malang ke Arah Surabaya. Kolam di sumberwaras sudah sangat bagus, kita bisa bermain air dan berenang sepuasnya.
Lokasi Pemandian Kalireco ini sangat mudah dijangkau karena terletak di jalur utama Surabaya – Malang. Bagi para pelancong dari luar kota baik yang datang melalui Bandara Abdul Rahman Saleh, Malang atau Bandara Juanda, Surabaya dapat dengan mudah mampir dan mandi di sini.

10. Wisata Sumber Air Andeman Turen

Taman Wisata Andeman merupakan salah satu tempat rekreasi alam dan edukasi yang terletak di daerah Malang Selatan, tepatnya berada di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Letak Taman Wisata Andeman ini berada di perbukitan dengan dipenuhi beragam jenis pohon bambu, maka dari itu ada beberapa masyarakat yang menyebut lokasi tersebut dengan nama Boon Pring Andeman.
Sebenarnya Taman Wisata Andeman ini adalah sebuah sumber mata air besar dan masih alami karena sumber air tersebut masih dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pengairan sawah penduduk desa. Pada mulanya sumber air tersebut sudah ada sejak tahun 1980-an, namun dikarenakan kurang maksimalnya perhatian dari pemerintah setempat, lokasi Taman Wisata Andeman masih kurang begitu populer untuk kalangan masyarakat Indonesia, hanya warga lokal dan sekitar wilayah Malang saja yang mengetahui lokasi Taman Wisata Andeman tersebut.
Akses menuju Taman Wisata Andeman sudah cukup mulus jalannya dan bahkan sudah di aspal dan dibeton. Jika dari arah pusat Kota Malang, untuk menuju Taman Wisata Andeman dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat atau roda dua serta juga dapat menggunakan bus pariwisata dengan jarak tempuh sekitar 40 km. Apabila menggunakan angkutan umum, maka Anda dapat menaiki angkutan umum berupa mikrolet atau minibus dengan arah tujuan Kecamatan Turen dari Terminal Pasar Gadang dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit.

10. Wisata Alam Coban Waru

 Wisata Air Terjun Coban Waru Pasuruan adalah salah satu tempat wisata yang berada di Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Wisata Air Terjun Coban Waru Pasuruan adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.
Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Air Terjun Coban Waru Pasuruan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pasuruan tidak mengunjungi wisata Air Terjun Coban Waru Pasuruan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.
 Bagi wisatawan asal kota .Pasuruan sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi wisata Air Terjun Coban Waru Pasuruan. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Pasuruan saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar. Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Air Terjun Coban Waru Pasuruan dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke wisata Air Terjun Coban Waru Pasuruan di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.
Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Wonosari. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Dusun Kayubebek kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki hingga sampai di lokasi Wisata Air Terjun Coban Waru tersebut. 

11. Air Terjun Grojogan Coban Wilis

Air terjun pertama yang akan anda temui dinilai masyarakat atau wisatawan yang datang sebagai yang paling menarik karena walaupun tidak tinggi, air terjun ini mempunyai bentuk bertingkat. Lalu air terjun kedua mempunyai ukuran paling kecil di antara tiga lainnya namun ini tidak mengurangi keindahan air terjun tersebut. Lalu yang terakhir, yang terletak di hilir dari air terjun perdana dan kedua mempunyai ketinggian paling tinggi, yaitu sekitar 100 meter. Menurut pemberitahuan warga setempat, Grojogan Coban Wilis ini ditemukan oleh Pak Kastoro yang seorang warga Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Pesona daya tarik dari tempat ini sangatlah indah, anda bisa melihat dinding bebatuan yang dialiri air terjun berkilauan di bawah terik matahari, apalagi juga terdapat lapisan hijau yang berasal dari lumut atau tumbuhan tertentu yang makin membuat dinding bebatuan tersebut nampak sangatlah cantik. Pepohonan yang rindang di sekeliling area air terjun juga menciptakan udara atau hawa yang sejuk dan segar, jauh berbeda dengan yang kita temukan di kota-kota besar.

12. Air Terjun Coban Parang Tejo

Coban Parang Tejo adalah salah satu air terjun di Malang yang lokasi tepatnya adalah di dusun Princi, Desa Gadingkulon, kecamatan Dau. Untuk menuju kesini, anda harus menemph jarak sekitar kurang lebih 20 km dari pusat Kota Malang. Memang agak jauh, tapi dijamin tidak rugi kalau anda main kesana. Dengan ketinggian kurang lebih sekitar seratus meter, Air Terjun Coban Parang Tejo ini memang mempunyai daya tarik tersendiri. Di sini airnya meluncur dengan lembut dari atas melewati bebatuan yang berkilau di bawah paparan sinar matahari, sehingga air terjun ini tidak terkesan terlalu berbahaya. Terlebih lagi lokasinya yang berada di lereng Gunung Butak membuat suasana liburan ke air terjun ini makin sejuk dan adem. 

13. Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi adalah air terjun yang indah, yang terletak sekitar 32 km ke arah Timur Malang. Airnya alami, sejuk, dan bersih yang memberi kesan damai. Air terjun ini bisa ditempuh dalam perjalanan menuju Gunung Bromo via kota Malang. Temukan resor pegunungan yang indah, panorama yang indah, pemandangan buah apel dan sayuran yang mengesankan. Situs air terjun ada di desa bernama Gubuk Klakah, yang termasuk dalam distrik Poncokusumo. Para pengunjung akan menikmati udara segar, pemandangan alam, dan tentu saja air terjun yang indah. Banyak pengunjung atau wisatawan yang datang ke tempat ini, baik lokal maupun dari luar kota. Obyek wisata ini cocok untuk anda dan keluarga anda yang suka dengan alam dan suasana sejuk pegunungan.  

14. Air Terjun Coban Glothak 

Air Terjun Coban Glothak adalah salah satu air terjun di provinsi Jawa Timur yang lokasi tepatnya di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Coban Glotak merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah mulai terkenal di Malang, suasana udaranya masih sangat sejuk karena banyak pepohonan dan tumbuhan, selain itu juga kebersihannya masih terjaga, belum ada banyak sampah di sana. Air terjun yang berada di lereng Gunung Kawi ini menyajikan aliran air terjun yang sangat deras, dengan ketinggian air terjun mencapai 100 meter ini nampak sangat menyegarkan. Serta pemandangan alam di sekitarnya yang nampak hijau semakin membuat wisata ini menjadi sangat eksotis. 

14. Pemandian Air Panas Cangar


 Salah satu pemandian air panas yang terkenal di batu malang adalah pemandian air panas cangar. Lokasinya berada di kawasan cangar, lereng gunung arjuno welirang. Letak tempat wisata ini masih alami, sehingga anda bisa berendam di dalam air panas dengan suasana pegunungan yang sejuk dan asri.Di pemandian air panas cangar ini sudah disediakan kolam-kolam yang digunakan untuk berendam. Ada banyak jenis kolam. Ada kolam khusus wanita, kolam yang tertutup (privasi), kolam khusus berendam dan lainnya. Ada kolam yang didesain seperti tempat saunan di jepang. Jadi satu kamar mandi hanya digunakan untuk satu orang saja. Jadi anda tak perlu malu untuk berenang dengan orang lain. Di sekitar sumber mata air dikelilingi oleh pepohonan yang hijau. Selain itu ada goa-goa peninggalan jepang. Tempatnya yang masih alami, membuat banyak gerombolan monyet yang tinggal disini. Jadi anda tak perlu kaget, jika tiba-tiba bertemu dengan gerombolan monyet. Jika ingin nyaman, datang pada weekdays karena pada saat liburan tempat ini sangat ramai.

15. Air Terjun Coban Canggu


Air terjun Coban Canggu, sebuah wana wisata alam yang terletak di desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto dan air terjun ini mempunyai ktinggian 70 meter, selain itu berada pada lereng gunung welirang dan berada pada ketinggian 800 mdpl membuat suasana sejuk disini begitu terasa sekali.Sebagai gambaran air terjun ini memiliki ketinggian 70 meter dengan dinding batu cadas yang sangat keras dan kokoh, terdapat batu dibawahnya yang akan dihantam air yang jatuh dari atas air terjun ini, selain itu dibawahnya juga terdapat seperti kolam air penampungan dari air yang dijatuhkan coban canggu ini sehingga anda, keluarga bahkan anak-anak anda dapat bermain air disana. Airnya juga terasa sangat segar sekali, bahkan cenderung dingin tapi sangat menyegarkan. 
 Penasaran ingin segera mencoba merasakan indah dan kesegaran coban canggu, anda dapat mengambil berbagai jalur atau rute.Rute dari Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.
Ambil arah ke Mojokerto baik lewat Krian atau Gempol, lalu menuju Mojosari, selanjutnya lurus ikuti jalan raya Mojosari-Pacet tersebut, jalannya akan mulai menanjak namun tetap lurus ikuti jalan, ketika sampai di depan Koramil Pacet belok kiri dan ambil lajur kiri, ketika sampai jalan pertigaan ambil kanan menuju coban canggu/air panas padusan dan ikuti jalan yang mulai menanjak tajam, saat sampai di pertigaan terakhir dimana kiri menuju coban dan kanan jalan menanjak menuju pemandian, ambil kiri, tak lama tempat parkir sudah terlihat

14. Outbound Griya Sakinah Pandaan, Pasuruan


 Alam Asri Griya Sakinah merupakan resort dengan panduan alam dan pegunungan yang asri, bangunan dan alamnya menyatu membentuk jiwa untuk mencintai lingkungan. Indahnya alam lingkungan serta hijaunya  peppohonan dan fasiliras lainnya merupakan tempat yang menarik untuk mengadakan kegiatan yang nyaman  degan kemasan outbound. Ada banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan di alam asri griya sakinah antara lain:Meeting,Pelatihan,Camping,Tes psikologi,Outbound
Harga paket yang ditawarkan dari pihak alam asri griya sakinah antara lain:
1. Paket special kesiswaan
Fasilitas berupa : akomodasi, konsumsi, outbound dengan harga 175.000/orang
2. Pelatihan sehari dengan harga 80.000/orang
Fasilitas : ruang meeting, konsumsi
3. Perkemahan eksklusif
Fasilitas : akomodasi, camping area, makan 3x, motivasi dan outbound

15. Selecta Recreation Park

 Selecta Malang merupakan satu dari sekian banyaknya objek wisata menarik di kota Batu, Malang. Selecta Batu ini sebenarnya  sudah ada sebelum munculnya berbagai tempat wisata lainnya seperti Jatim Park, Taman Kelinci Malang dan objek wisata terkenal lainnya di Kota tersebut.
Walaupun mungkin sudah cukup lama, namun taman rekreasi ini masih sangat direkomendasikan untuk menjadi tujuan wisata di Kota Batu. Daya tarik yang disajikan Taman Selecta membuat setiap wisatawan yang berkunjung kesana betah dan ingin berlama-lama di tempat tersebut, selain memiliki taman bunga yang cantik, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana maupun fasilitas wisata yang sudah disediakan.
 Beberapa wahana yang ada di Taman Selecta Malang diantaranya seperti flying fox dan waterboom yang dapat pengunjung nikmati. Lokasinya yang terletak di daerah dataran tinggi menjadikan kawasan ini begitu sejuk dengan udara yang segar, selain itu wisatawan juga dapat melihat pemandangan beberapa barisan gunung yang ada disana seperti Arjuna, gunung Panderman dan daerah perbukitan.

Agar dapat liburan di Taman Rekreasi Selecta, Pengunjung dikenakan biaya masuk dengan rincian sebagai berikut :
  • Harga Tiket Masuk sebesar Rp 25.000,- / orang. Harga ini untuk menikmati semua wahana permainan yang ada di Selecta, kecuali beberapa wahana seperti di bawah ini.
  • Wahana Flying fox dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.20.000,-/orang
  • Sewa / Naik kuda dikenakan biaya sebesar Rp.10.000,-/orang
  • Wahana Sky Bike sebesar Rp.20.000,-/orang
  • Naik Perahu Ayun dikenakan biaya Rp.10.000,-/orang
  • Tiket Parkir R2 Rp 2000,
  • Tiket Parkir Mobil Rp 5000

17. Wisata Alam Banyu Biru Pasuruan


Pemandian Banyu Biru merupakan obyek wisata renang terbuka dengan view pemandangan alam yang letaknya di Desa Sumberejo Kec Winongan, Pasuruan.Tempat ini terdapat empat kolam renang. Dua dari empat kolam renang tersebut merupakan kolam renang yang airnya berasal dari sumber alam.
Warna airnya jernih agak kebiru-biruan. Itulah mengapa tempat ini dinamakan Banyu Biru, diambil dari bahasa jawa yang artinya adalah air biru.
Dulunya kolam ini dinamakan dengan Telaga Wilis. Wisata alam pemandian banyu biru ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan saat akhir pekan ataupun saat ada event tertentu seperti hari raya lebaran tepatnya pada saat kupatan.
Selain itu di tempat ini juga terdapat beberapa arca peninggalan sejarah yang sebelumnya tersebar di beberapa tempat yang lalu sekarang dikumpulkan menjadi satu agar lebih mudah dalam mengawasnya.

Untuk menuju ke tempat Pemandian Banyu Biru ini tidaklah sulit. Wisata pemandian ini terletak di selatan kota Pasuruan yang dapat ditempuh selama 30 menit dari kota pasuruan atau sekitar 25 km.
Selain dapat menggunakan kendaraan pribadi, juga dapat menggunakan kendaraan umum dengan ongkos Rp 6.000 dan naik dari terminal pasuruan atau dari pertigaan pasar ngopak ke probolinggo dengan ongkos Rp 3000 saja. Untuk tiket masuknya seharga Rp 5000 per orang dan bisa naik ketika ada event-event tertentu.


18. Taman Wisata Wendit


 Mungkin sebagain besar dari kamu uda pernah denger tentang wisata malang yang hampir mirip sama tempat wisata Sangeh Bali? Yap, disitu kamu gak salah denger. Karena dimalang, terdapat sebuah Taman wisata yang bernama Wendit.
Wendit sendiri merupakan sebuah daerah sebelum Tumpang yang dulunya kerajaan monyet dan sekarang telah menjadi taman wisata legendaris yang telah ada sejak puluhan tahun yang lalu.
Bahkan jika hari Raya Ketupat, bagi warga Malang seperti merupakan suatu kewajiban harus mengunjungi Wendit. Jadi jika Hari Raya Ketupat, hampir semua warga yang umumnya dari Kabupaten Malang, dengan menyewa truk berduyun-duyun ke tempat ini.
Yang membuat tempat ini istimewa adalah banyaknya kera ekor panjang (macaca fascicularis) yang khas dengan pohon-pohon dan hutan yang terjaga. Disini kera nya suda lebih jinak buat kamu yang berkunjung kesini, sehingga tidak seberapa berbahaya dan bisa kamu jadikan nilai objek wisata yang bebas berkeliaran.


19. Agrowisata Bhakti Alam

Bhakti Alam merupakan agrowisata yang menyajikan keindahan alam dengan kebun buah, bunga bunga dan tanaman yang luas. Areanya cukup luas, karena dibangun di tanah seluas 300ha, di dalamnya terdapat taman bunga, taman air, tanaman buah buahan, restoran dan juga penginapan. Di dalamnya banyak juga spot selfie , bahkan tak jarang terlihat ibu ibu dan bapak bapak juga enggak sungkan selfie selfie . Udaranya juga sejuk, menjadikan tempat wisata ini nyaman dikunjungi.
Di sini kamu akan disarankan untuk membeli susu, yoghurt dan buah buahan yang murni dari hasil agrowisata Bhakti Alam. Buah buahannya seperti durian, mangga, sawo, belimbing, apel, buah naga, melon dan lainnya.
Kalau kamu membawa anak juga bisa menikmati permainan permainan yang ada di sini, yaitu kereta wisata, Gokart, ATV dan segway


20. Air Terjun Coban Rondo 

 Malang adalah salah satu air terjun yang berada di area pegunungan yang berada di ketinggian 1.135 meter dpl. Udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Kuota air yang ditimbulkan mencapai 90 hingga 150 liter per detik.
Wisata air terjun Coban Rondo Terletak di Kota Batu Malang Jatim, Tepatnya di jalan Coban Rondo, desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Jarak dari Malang kota ke lokasi wisata kurang lebih 20 km, membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan jarak dari kota Batu ke lokasi wisata kurang lebih 12 km dan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

21. Air terjun Coban Cinde


Wanawisata Coban Cinde berada di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang berjarak sekitar 27 km ke arah timur. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat tempat wisata ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Selain kondisinya masih sangat alami, air terjun Coban Cinde memiliki pesona tersendiri bagi yang menyukai petualangan sebab medan untuk mencapai coban ini cukup berat.
Di area Wanawisata Coban Cinde terdapat dua air terjun yang bisa kita temui. Pertama, coban yang muncul dari aliran di sisi tebing setinggi kurang lebih 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar. Kedua, air terjun yang disebut dengan Coban Cinde itu sendiri. Coban ini berasal dari aliran sungai utama yang memiliki debit air besar dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Air terjun tersebut berada pada ujung kelokan sungai tak jauh dari air terjun pertama. Uniknya, Coban Cinde ini benar-benar tersembunyi di balik rindangnya pepohonan dan diapit oleh dinding sempit sungai.

22. Wana Wisata Alam Bedengan



Perjalanan ke arah Bedengan merupakan perjalanan yang tidak boleh dilewatkan sambil tidur (jika tidak mengendarai kendaraan), oleh karena pemandangan kebun jeruk yang indah di kiri kanan akan benar-benar memanjakan mata. Oleh karena itu sangat disarankan untuk benar-benar menikmati perjalanan baik dari kota Malang atau kota Batu menuju Wana Wisata Bedengan Malang ini.
Wana Wisata Alam Bedengan di Malang, salah satu tempat yang masih alami tidak jauh dari kota Malang, tepatnya di desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Tempat ini hanya berjarak beberapa meter dari kebun jeruk Selorejo yang sudah diulas sebelumnya DISINI. Selain dekat dengan kebun jeruk Selorejo, juga dekat dengan Petungsewu Wildlife Education Center (PWEC). Lokasinya bisa diakses dari Joyo Grand, Tidar, Bandulan atau Sengkaling.


23. Pemandian Ken Dedes

Pemandian Ken Dedes adalah salah satu rekreasi keluarga dengan luas area sekitar 1,5 hektar.  Objek wisata ini dikelola oleh Primer Koperasi TNI Angkatan Udara (Primkop AU) Abdulrahman Saleh, Pakis. Pemandian ini memiliki tiga kolam renang yang bersih. Mulai dari kolam renang anak, kolam renang sedang hingga kolam renang untuk dewasa.
Pemandian ini telah dilengkapi beberapa fasilitas penunjang, yaitu kereta mini, ayunan anak-anak, persewaan ban, baju renang, panggung hiburan dan lain-lain. Tersedia juga kamar mandi ganti, baik pria maunpun wanita, toilet, dan mushalah serta lahan parkir yang luas.
Bila ingin mengajari putra putri Anda berenang, tersedia pula jasa instruktur berpengalaman yang bisa membantu Anda. Selain itu, terdapat pula beberapa kedai yang menyediakan makanan kecil seperti gorengan tahu, pisang goreng, tempe dan lain-lain. Makanan berat juga tersedia di tempat ini, seperti bakso, soto, rawon, pecel, rujak cingur khas malang, es jeruk, soda gembira, dan es degan. Bagi pengunjung yang ingin naik kuda dari jalan raya ke pemandian atau sebaliknya hanya dikenakan tarif 3.000 rupiah per orang.

24. Air Terjun Coban Waru

 Destinasi yang satu ini berada di Dusun Podorejo, Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Propinsi Jawa Timur. Air Terjun Coban Waru biasanya pengunjung menyebut lokasi wisata alam yang satu ini. Hamparan pepohonan dengan udara khas pedesaan Pacet yang sejuk. Untuk bisa menikmati air terjun Coban Waru ini memang membutuhkan usaha lebih. Pasalnya, pengunjung harus menyusuri jalan setapak di tengah Hutan Lindung “Taman Hutan Raya Raden Suryo” – Pacet. Butuh sekitar dua jam perjalanan melewati perbukitan dari Desa Sajen, desa terdekat menuju air terjun ini. Di sepanjang perjalanan menuju ke air terjun Coban Waru akan dijumpai tanaman jamur dan pondok – pondok untuk beristirahat.

25. Wisata Alam Telaga Pacuh (WAP)

 Pacuh, merupakan nama salah satu destinasi wisata di Blitar yang menarik. Sebuah telaga alami yang terletak di dusun paco, desa Penataran kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Tempat wisata yang masih tergolong baru ini bisa menjadi alternatif apabila anda berada di area penataran. Karena lokasinya tidak begitu jauh dari candi penataran di Blitar.
Telaga ini dibuat sebagai tempat penampungan air irigasi, namun karena memiliki potensi wisata, sejak tahun 2011 tempat ini telah dikembangkan menjadi tempat wisata. Sempat ada wahana air sederhana yang kini tidak difungsikan lagi. Selain itu, telaga ini memiliki potensi ikan yang cukup banyak, tidak heran kalau ada banyak orang yang memancing di tempat ini. Pepohonan yang rindang di sekeliling telaga ini memberikan kesejukan tersendiri untuk para pengunjung yang hanya di tarik retribusi sekitar 3 ribu rupiah saja.

26. Pemandian Sumberingin, Malang 


Jika melewati Desa Malangsuko, Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, tak ada salahnya jika mampir ke tempat wisata ini. Mencari lokasinya memang tidak mudah, karena tak ada papan petunjuk besar di jalan raya yang menjadi penunjuk arahnya.

Hanya sebuah papan nama usang yang tertempel di tembok rumah warga saja yang jadi penunjuknya. Dari jalan raya, dibutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja untuk mencapai lokasi pemandian ini.

Jika ingin lebih menikmati pemandangan alam di sepanjang jalannya, pengunjung bisa menyewa delman yang banyak melewati jalan ini. Karena di kanan kiri ada banyak tanaman kebun yang menghijau. Ada kol, tomat, cabe dan hamparan padi.

Sayangnya akses jalan menuju lokasi pemandian belum diaspal. Sehingga pengendara harus hati-hati melewati jalan bebatuan. Letak pemandian berada di bawah tebing. Dari tempat parkir tak terlihat wajah pemandiannya.
Pemandian wisata Sumberringin, lokasinya berada di Desa Wringinsongo Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Bagaikan perawan yang tak tersentuh, eksotisme tempat ini membuat siapapun berandai-andai. Andai saja sang perawan didandani.


27. Air Terjun Coban Talun

Coban Talun adalah salah satu tujuan wisata di kota wisata Batu, Malang.  Posisinya hanya sekitar 3 km dari Selecta, tujuan wisata yang lebih dulu populer.  Menuju Coban Talun mudah dijangkau, dengan berkendaraan dari kota Batu hanya sekitar 10 menit. Coban Talun berlokasi di Desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada koordinat -7.800929, 112.516631, pada ketinggian 1300 m. Jalan dari kota Batu ke Coban Talun sangat nyaman dan indah, dengan pemandangan pegunungan pada sisi barat gunung Arjuno.  Sepanjang jalan banyak obyek wisata berbasis apel atau bunga/tanaman hias dengan akomodasi penginapan dan kuliner.  Infrastruktur wisata telah dibangun oleh pemkot Batu dengan kondisi memadai, dan masyarakat mendukung layanan wisata ini.


28. Air Rerjun Dlundung, Trawas Mojokerto


Lokasi Air Terjun Dlundung berada di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, sekitar 40 km arah selatan dari kota Mojoketo. Rute mudahnya jika dari Surabaya mengikuti arah jalur jalan raya ke Malang, di perempatan Pandaan dekat Masjid Mohammad Chengho belok kanan ke arah Trawas/Pacet dan ikuti petunjuk yang ada. Dari Pandaan sekitar 15 km lagi ke lokasi Air Terjun Dlundung.Jalan Menuju air terjun Dlundung sudah bagus, hanya di beberapa tempat melewati jalan berkelok dan menanjak. Sedangkan sekitar 2 km menjelang lokasi jalannya lumayan sempit, jadi cukup sulit saat berpapasan sesama mobil, mesti pelan dan sedikit minggir. Sampai dilokasi kawasan air terjun, kendaraan bisa diparkir tidak jauh dari air terjun, kira-kira 100 meter saja. Jadi tidak perlu capek berjalan untuk mencapainya. 
Harga tiket masuk ke air terjun Dlundung Rp. 10.200,- sudah termasuk asuransi, sedangkan yang berkemah harus menambah biaya camping sebesar Rp. 3.500,- per malam per orang. Masih cukup terjangkau dan sebanding dengan fasilitas yang disediakan pengelola.


29. Wisata Pemandian Air Panas Ubalan

Pemandian Ubalan terletak di Desa Pacet Kecamatan Pacet Mojokerto. Berjarak 1,5 Km dari alon-alon Pacet membuat anda yang ingin menuju tempat wisata pemandian Ubalan ini dengan mudah. Pasalnya, jika anda pernah menuju pemandian Padusan maka anda sudah melewati pemandian Ubalan ini. Untuk menuju ke pemandian Ubalan sangat mudah karena terdapat papan petunjuk dari alon-alon Pacet.Wisata pemandian ubalan merupakan tempat wisata buatan. Di sini terdapat seperti ornamen-ornamen taman buatan, area makanan, tempat bermain air seperti sepeda air dan kolam renang. di taman buatan kami berfoto-foto mengabadikan momen-momen saat berkunjung di pemandian Ubalan. Tiket masuk ke kolam renang dikenakan biaya Rp 6.000 untuk setiap orangnya.
 

30. Air Terjun Watu Lumpang

Air Terjun Watu Lumpang berada di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo di bawah lereng Gunung Welirang yang berbatasan antara Mojokerto dan kota Batu. Air Terjun Watu Lumpang berdekatan dengan Air Terjun Watu Ondo. Air Terjun Watu Lumpang ini sendiri tergolong air terjun baru karena baru di buka kurang dari setahun yang lalu. Lokasi Air Terjun Watu Lumpang tepat berada di sebelah jalan poros pacet cangar, jadi akses menuju Air Terjun Watu Lumpang sangat mudah.

Untuk masuk ke Air Terjun Watu Lumpang ini masih gratis alias belum ada retribusinya, kita hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp.5000. Jalan menuju Air Terjun Watu Lumpang ini dari tempat parkir masih berupa makadam tapi sudah tertata rapi, dan hanya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi parkir.
Air Terjun Watu Lumpang memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, mungkin hanya sekitar 10 sampai 15 meter saja, namun tetap saja air terjun ini mempunyai daya tarik tersendiri. Karena lokasinya yang mudah diakses dan murah meriah, tidak heran kalau wisata Air Terjun Watu Lumpang ini banyak dikunjungi oleh masyarakat yang ingin menikmati liburan mereka dengan suasanya alam yang masih asri.

31. Air Terjun Coban Kembar Watu Ondo

 Air Terjun Coban Kembar atau yang lebih dikenal sebagai Air Terjun Watu Ondo. Air Terjun Watu Ondo masuk ke dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo yang berada di bawah lereng gunung Welirang. Air terjun Watu Ondo berada di Dusun Sendi, Desa Pacet, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto atau berada di perbatasan antara Kabupaten Mojokerto dengan kota Batu, Malang Jawa Timur. Sudah jelas dari namanya, air terjun ini memiliki dua aliran air terjun yang dibawahnya terbentuk seperti kolam, disitu Anda bisa berendam menikmati dinginnya air atau hanya sekedar bermain air saja.


32. Pemandian Air Panas Padusan Pacet


 Wisata Air Panas Padusan Pacet merupakan salah satu objek wisata di Mojokerto, Jawa Timur yang mudah dijangkau serta dekat dengan kota-kota besar di Jawa Timur. Kelebihan lain dari objek wisata yang terkenal dengan kandungan belerangnya adalah keindahan alam yang hijau serta udara yang sejuk dan asri.Kawasan pemandian air panas ini berada pada ketinggian 800 mdpl di bawah kaki Gunung Welirang. Suhu rata-rata 200C dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/tahun.

Pemandian Air Panas Padusan merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi dan menjadi wisata andalan serta salah satu favorit bagi para pengunjung yang datang ke wisata Pacet.
Obyek wisata ini dapat ditempuh dengan perjalanan dua jam dari Surabaya, Yaitu melalui rute dari surabaya – pertigaan Krian belok kiri ke Mojosari – Pacet. Jika dari Malang atau Pandaan lewat Prigen – Trawas – Pacet. Jarak dari Kabupaten Mojokerto sejauh 30 km dan kota Batu Malang sekitar 29 km.

33. Air Terjun Grenjengan Pacet Mojokerto

 Air Terjun Grenjengan merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan wisata Pacet di lereng Gunung Wlierang. Sebenarnya tidak hanya air terjun Grenjengan saja yang terdapat di kawasan wisata Pacet, masih ada sebuah air terjun lagi, yaitu air terjun Coban Canggu. Namun yang lebih dikenal diantara kedua air terjun tersebut adalah air terjun Grenjengan. Air terjun ini terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Jika perjalanan menuju air terjun ini dimulai dari Mojokerto Anda akan menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 30 kilometer. Sedangkan jika Anda melakukan perjalanan dari pusat kota Pacet, Anda hanya akan menempuh perjalanan sepanjang 3 kilometer menuju arah selatan. Tidak seperti tempat wisata air terjun lainnya yang jalan dan rutenya susah untuk dilewati dan bahkan berjalan hingga puluhan kilometer, kawasan wisata pacet memiliki rute yang sangat mudah, selain itu juga kondisi jalan sudah sangat baik, Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

34. Wisata Sumber Maron

 Sumber Maron di Malang ini merupakan sumber air jernih dan indah yang berada di antara sawah-sawah yang hijau dan memanjakan mata disekitarnya. Asal usul nama Sumber Maron berasal dari kata sumber yang artinya mata air sedangkan untuk maron terdapat dua versi untuk itu. Maron sendiri merupakan sebuah kata untuk menyebut alat memasak nasi, versi pertama menyebut asal nama Sumber Maron karena ada maron yang pernah dibuang di daerah ini, ada juga yang menyebut kondisi kawasan wisata ini yang menyerupai maron sehingga akhirnya disebut Sumber Maron.

Masyarakat setempat dulunya memanfaatkan daerah sekitar Sumber Maron ini sebagai kawasan budidaya tanaman kangkung. Lokasinya yang berada di antara persawahan membuat para petani setempat seringkali singgah ke mata air ini sehabis bekerja untuk mandi maupun mencuci. Setelah dijadikan objek wisata akhirnya lebih banyak wisatawan yang datang selain penduduk lokal tersebut. Para wisatawan biasanya datang untuk menikmati pemandangan indah khas pedesaan yang sangat terasa disini.

Di dalam objek wisata Sumber Maron ini terdapat pula sebuah air terjun mini dengan ketinggian 5 – 6 meter serta kemiringan mencapai 60 derajat. Oleh masyarakat setempat, air terjun mini ini disebut Grojogan Sewu (jangan sampai keliru dengan air terjun Grojogan Sewu lainnya di kecamatan Pujon, Kabupaten Malang). 


35. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Tretes, Prigen, Pasuruan ini.. Sumber air terjun ini berasal dari Sungai Kaligetik. Tepat dibawah curahan air terjun terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Ketika wisatawan berkunjung ke tempat ini, kolam yang berada tepat dibawah deburan air terjun ini menjadi tempat yang tak terlewatkan, baik sebagai tempat untuk mandi maupun berfoto.
 Sebelum menuju lokasi Air Terjun Kakek Bodo, wisatawan harus memarkirkan kendaraan nya tepat di pintu gerbang menuju lokasi, karena akses jalan tidak memungkinkan. Setelah memarkirkan kendaraan nya, wisatawan dapat melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi air terjun. Perjalanan tersebut kurang lebih memakan waktu 1 jam. Meskipun harus berjalan kaki sejauh 1 km, wisatawan tidak perlu khawatir karena akses jalan cukup bagus. Dan ditengah perjalanan, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan yang yang mempesona.

36. Sengkaling 

 Taman Rekreasi Sengkaling terletak di  Jl. Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar10 km dari pusat Kota Malang. Lokasinya sangat strategis karena tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan antara Kota Malang dengan Kota Batu, sehingga sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Taman Rekreasi Sengkaling Malang adalah tempat wisata keluarga, sesuai dengan slogannya Wisata Air Impian Keluarga, dan menyediakan berbagai macam wahana permainan demi memanjakan pengunjung, di antaranya adalah taman bermain, wahana permainan di darat dan air, gedung serbaguna, dan kolam pemandian. Luas keseluruhan Sengkaling sekitar 9 hektar dan 6 hektar di antaranya berupa taman dan pepohonan yang menyejukkan. Taman Rekreasi Sengkaling dibuka setiap hari, dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. Hal ini dimaksudkan untuk memberi keleluasaan kepada masyarakat yang akan melakukan rekreasi sekaligus bersantai bersama  keluarga.

Taman Rekreasi Sengkaling pertama kali didirikan oleh seorang warga Belanda bernama Mr. Coolman pada tahun 1950 dan sempat dikelola oleh Mochtar warga dari Padang. Ketika dikelola Mochtar, Sengkaling selalu tutup pada hari Jumat. Sejak tahun 1975 sampai sekarang, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling ini diambil alih oleh PT. Bentoel Group dan dikelola oleh PT. Taman Bentoel. PT. Taman Bentoel, merupakan salah satu anak perusahaan Bentoel Group yang bergerak di bidang jasa pariwisata dalam bentuk taman rekreasi. Jika dahulu pada awal beroperasinya Taman Rekreasi Sengkaling ini, hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel. Tapi seraya perkembangannya, Taman Rekreasi Sengkaling lantas dibuka untuk umum. Taman Rekreasi Sengkaling dengan luas tanah keseluruhan 9 hektar, terbagi atas 6 hektar yang lain masih berupa taman dan pepohonan hijau yang rindang. Tempat wisata ini mempunyai berbagai fasilitas yang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan tempat wisata yang lain. Salah satunya adalah wisata airnya  yang berasal dari sumber alami pegunungan. Konon, salah satu sumber yang ada yaitu Kolam Tirta Alam, dipercayai bisa membuat orang awet muda dan sampai saat inipun masih banyak masyarakat yang mempercayainya.


37. Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura ini terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur, Kabupaten Probolinggi. Air Terjun Madakaripura Jawa Timur terkenal sebagai air terjun tertinggi yang berada di Pulau Jawa dan banyak para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahannya. Air terjun ini memiliki ketinggian  sekitar 200 meter. Selain tertinggi di Pulau Jawa, air terjun  Madakaripura dinobatkan sebagai air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura yang terletak di daerah Sumatera Utara. Nama obyek wisata ini berarti “tempat terakhir” karena diyakini sebagai tempat semedi Mahapatih Gajah Mada dan akhir hayatnya di sini.

Banyak keindahan yang dapat Anda eksplor di kawasan air terjun ini. Seperti halnya goa yang terletak tepat di bawah air terjun utama. Ketika Anda ingin menemukan goa ini, Anda harus melewati kolam air yang memiliki luas sekitar kurang lebih 25 meter persegi. Sedangkan kedalaman dari kolam ini sendiri sekitar 7 m dan kola mini memiliki arus air yang sangat deras. Air terjun ini memiliki arsitektur yang unik, Anda akan sangat terkesima dengan keindahan yang ada pada air terjun ini. Anda tersentak kagum dengan keidahan yang di ciptakan oleh Sang Maha Pencipta.

Aksesbilitas menuju air terjun Madakaripura berjarak sekitar 5 km dari lintas jalan raya menuju Bromo atau sekitar 45 menit dari lokasi wisata Gunung Bromo kea rah Probolinggo (ke utara). Namun jika Anda dari pusat kota kabupaten Probolinggo sekitar 30 km. Lokasi air terjun ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi ataupun mobi sewaan, dengan kisaran harga Rp 150.000,- PP + supir (harga ini dapat berubah sewaktu-waktu). Kondisi jalan yang akan Anda lalu berkelok kelok dan sudah beraspal akan tetapi sedikit sempit.Rute dari Surabaya bisa lansung menuju ke kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo via jalur Pasuruan-Probolinggo, dari kecamatan lumbang langsung menuju desa Sapih tempat dimana objek wisata Air Terjun Madakaripura berada. Waktu tempuh 3 jam dengan rute : Surabaya – Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Probolinggo – Tongas – di pertigaan pilih ke arah Air Terjun Madakaripura atau belok kanan (20-30 menit) – menuju Kecamatan Lumbang – dekat Pasar Lumbang belok kanan – ikuti arah menuju air terjun – Pintu Masuk Air Terjun Madakaripura – tempat parkir – jalan kaki sejauh 1 km melalui jalan setapak menuju lokasi.

Baca juga:

Advertisement
6:23 PM
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments