Aneh, Hacker Minta Foto Telanjang Korban Untuk Bayar Tebusannya

Aneh, Hacker Minta Foto Telanjang Korban Untuk Bayar Tebusannya

Ads
Khanjadi | Ada ada saja kelakuan hacker yang satu ini, biasanya para hacker minta tebusan dengan mengirimkan uang atau bitcoin namun hacker satu ini berulah dengan meminta kiriman 10 foto telanjang korban untuk bisa membuka kunci PC yang dihack.

Berawal dari tim peneliti Malware Hunter yang menemukan malware dengan nama nRansomware. Tim ini memposting di akun twitternya dimana korban untuk membuka kunci PCnya harus mengunjungi protonmail.com, membuat akun dan mengirimkannya ke 1_kill_yourself_1@protonmail.com. Setelah mendapat jawaban dari hacker, korban harus mengirimlkan 10 foto telanjangnya dan memverifikasi bahwa memang foto tersebut adalah miliknya. Jika foto tersebut dianggap benar /terverifikasi bahwa itu adalah foto asli milik korban, maka akan diberikan kode untuk membuka kuncinya.

Pesan tersebut ditampilkan dengan latar belakang  gambar karakter  fiksi anak Thomas the Tank Engine dengan wajah tersenyum dengan tulisan "F*CK Y*U !!!" dalam huruf tebal. Tidak jelas berapa banyak orang yang telah terkena ransomware ini, atau betapa seriusnya efek serangan sebenarnya.

Menurut pesan tersebut, penyerang akan menjual foto-foto itu di deep web /dark web. Malware menyebar dalam bentuk nRansom.exe yang dapat dieksekusi dan telah ditandai sebagai "malware jahat" oleh berbagai alat antivirus seperti VirusTotal and Hybrid Analysis. 

Namun, faktanya bahwa ransomware tidak mengenkripsi file namun hanya ransomware jenis screen locker
Ternyata cara ini bukan kali pertama  penyerang mencoba mencari gambar orang yang tidak berpakaian; mereka telah melakukannya melalui Webcam dan mencuri data dari cloud drive mereka. 

Cara mencegahnya

Jenis file seperti ini hanya akan menyerang laptop windows , oleh karena itu berhati hati jika kamu mendownload file. jangan sampai file ber extension .exe atau file biner yang tidak jelas asal usulnya masuk dan menginstal dalam PC kamu. Ransom ini akan menyerang setelah file terinstal dan restart komputer.
BACA JUGA :  Membuat Tombol Sosial Media Dengan Total Share Keren

Baca juga:

Advertisement
7:45 PM
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments